Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kompany Termotivasi untuk Kalahkan United

By Galih Rachdityo - Senin, 30 April 2012 | 18:28 WIB
Vincent Kompany (Michael Regan/Getty Images)

Kapten Manchester City, Vincent Kompany, menyatakan kesiapannya menghentikan laju para penyerang Manchester United. Kedua tim akan bentrok dalam laga bertajuk derbi Manchester di Stadion Etihad, Selasa (1/5) dini hari WIB, yang menjadi laga penentu juara liga.

Kompany mengakui tidak mungkin menghindari sensasi yang menyelubungi laga kontra United. Pemain asal Belgia ini tahu kemenangan akan membawa The Citizens ke puncak papan klasemen liga lagi, dengan menyisakan dua laga lagi.

Kendati klub besutan Sir Alex Ferguson lebih difavoritkan, tapi Kompany merasa hal itu tidak akan mempengaruhi mentalitas para punggawa The Citizens untuk menghentikan langkah United mengklaim mahkota juara Premier League yang ke-20.

"Banyak orang meyakini laga derbi ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Premier League. Untuk alasan seperti inilah mengapa saya sangat mencintai sepak bola," kata Kompany seperti dilansir espnstar. "Bukan perasaan takut untuk melakoni laga tersebut, melainkan perasaan menggebu untuk segera memasuki stadion dan memulai pertandingan."

Sempat tertinggal delapan poin dari United, kini The Citizens hanya terpaut tiga poin saja dari The Red Devils. Meski berpeluang mengklaim posisi puncak, tapi Kompany tidak ingin memikirkan situasi tersebut.

"Saya pikir kami sudah melakukan hal yang benar, ketika memutuskan hanya fokus pada diri kami sendiri. Saya tahu alasan tersebut terdengar klasik, tapi bagi kami, itu adalah hal yang tepat untuk dilakukan," ujar bek berusia 26 tahun tersebut.

"Secara pribadi, saya bersikap netral. Saya mengatakan pada diri sendiri sejak di awal musim, siapa pun lawan kami, saya berusaha bersikap senetral mungkin dan tidak peduli dengan hasil yang diraih," cetus Kompany.

"Hal itu tidak akan berpengaruh pada saya, karena saya berusaha tampil sebaik mungkin dan memenangi seluruh pertandingan yang kami lakoni. Statistik berbicara, dan itulah faktanya. Karena itulah saya tidak ingin terjebak dalam perang urat saraf. Saya dapat katakan bahwa tidak ada satu pun yang ditulis dalam surat kabar yang akan mempengaruhi performa kami," tegasnya.