Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

City Diunggulkan, United Punya Keuntungan

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 30 April 2012 | 21:47 WIB
Manchester City vs Manchester United (Getty Images)

Hasil akhir di derby Manchester akan sangat menentukan kans Manchester City dan Manchester United untuk bisa memenangi titel Premier League musim ini. Di laga tersebut The Citizen lebih diunggulkan karena tampil sebagai tuan rumah, sedangkan raihan poin Setan Merah di klasemen sementara menjadi keuntungan utama.

Pasukan Roberto Mancini akan bermain sebagai tuan rumah di Etihad Stadium, Selasa (1/5) dini hari WIB. Dukungan mayoritas suporter tuan rumah tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi City. Terlebih mereka juga punya modal bagus dalam tiga pertandingan terakhir dengan menyapu bersih poin dari West Bromwich Albion, Norwich City, dan Wolverhampton Wanderers.

Selain itu, kemenangan 6-1 di Old Trafford pada Oktober tahun lalu memberikan semangat lebih bagi Sergio Aguero cs. untuk kembali mengalahkan United di markas sendiri. Di bursa taruhan Asian Bookie pun sedikit lebih mengunggulkan The Citizen (0 : 1/4).

Kendati demikian, pasukan Sir Alex Ferguson tentu tidak ingin kembali mengalami kekalahan dari City. Di papan klasemen sementara dengan kemasan 83 poin mereka jelas lebih unggul dari City yang berada tiga poin dibawahnya.

Situasi tersebut menjadi keuntungan bagi United dalam upaya mereka untuk meraih gelar ke-20 Premier League. Jika City hanya punya opsi wajib menang di laga derby Manchester, MU memiliki dua pilihan untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan atau cukup bermain imbang.

Jika United tidak mampu menang, hasil seri akan tetap menguntungkan karena di papan klasemen mereka tetap berjarak tiga poin dari City dan menempati posisi puncak. Selain itu, di dua laga terakhir Premier League calon lawan Wayne Rooney dkk. lebih ringan, yakni Swansea City dan Sunderland, sedangkan The Citizen yang masih harus bertandang ke markas Newcastle United dan menjamu Queens Park Rangers.