Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Derby Manchester Pecahkan Rekor Penonton

By Oka Akhsan M. - Rabu, 2 Mei 2012 | 15:49 WIB
Stasiun Televisi BSkyB (David Cannon/Getty Images)

Pertandingan antara Manchester United melawan Manchester City mencatat rekor penonton televisi berbayar terbanyak. Menurut riset yang dilakukan SportBusiness, laga Derby yang bisa memastikan gelar Premier League itu disaksikan lebih dari empat juta orang di seluruh Inggris.

Pertandingan yang disiarkan langsung oleh kanal Sky Sports 1 dan Sky Sports 1 HD itu mencatat rekor penonton terbanyak sepanjang sejarah siaran pertandingan sepakbola Sky Sports, karena disaksikan rata-rata 4,049 juta penonton. Jumlah penonton tertinggi terjadi saat laga memasuki masa lima menit injury time, dengan 4,410 juta orang.

Jumlah itu bisa semakin bertambah jika dijumlah dengan penonton yang menyaksikan di pub dan club, atau menonton di kanal Sky 3D, yang data-datanya tidak tersedia. Laga tersebut berakhir dengan kemenangan City lewat gol tunggal Vincent Kompany beberapa saat sebelum babak pertama usai dan menggeser United dari puncak klasemen sementara Premier League.

Rekor penonton terbanyak di stasiun televisi Sky sebelumnya terjadi pada laga kualifikasi EURO 2004 antara Inggris melawan Turki, yang ditonton sekitar 3,889 juta orang. Sementara untuk laga di Premier League terjadi pada April 2003 saat Manchester United bermain imbang 2-2 dengan Arsenal, yang disaksikan 3,436 juta penonton.