Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raja Final Piala FA

By Husein Noval - Minggu, 6 Mei 2012 | 02:03 WIB
Didier Drogba (Getty Images)

52 berjasa besar membawa pulang Piala FA ke Stamford Bridge. Pada partai final di  Wembley, Sabtu (5/5) The Blues sukses menundukkan Liverpool 2-1.

Drogba menorehkan rekor baru. Ia menjadi pemain pertama dalam sejarah yang sukses mencetak gol di empat partai final Piala FA.

Hebatnya lagi, seluruh partai itu selalu berkahir dengan kemenangan untuk Chelsea dan itu terjadi hanya dalam kurun enam tahun.

Drogba mengawalinya saat mengantarkan Chelsea menang 1-0 atas Manchester United musim 2006/2007. Ketika itu golnya di masa extra time menjadi penentu kemenangan Chelsea.

Dua musim kemudian Drogba kembali mencatatkan nama di papan skor dalam partai final, satu gol berhasil dicetaknya ke gawang Everton. The Blues ketika itu menang tipis 2-1. Berselang satu tahun kemudian, bomber asal pantai Gading itu kembali mencetak gol tunggal kemenangan Chelsea di final saat mengalahkan Portsmouth.

Malam ini Drogba berjasa besar setelah golnya di menit ke-52 membawa Chelsea unggul 2-0. Meski Liverpool sempat membalas melalui Andy Carrol 12 menit kemudian, namun Chelsea berhasil mempertahankan kemenangan 2-1 hingga peluit panjang berbunyi.

Sebagai catatan, seluruh partai final yang disebutkan tadi berlangsung di Stadion New Wembley. Well, Drogba ternyata bukan cuma rajanya final FA tapi juga pantas disebut sebagai penakluk The New Wembley.