Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liverpool dan Chelsea Berganti Kontroversi

By Brian Yosef - Minggu, 6 Mei 2012 | 17:01 WIB
Liverpool vs Chelsea (Shaun Botterill/Getty Images)

1, Sabtu malam (5/5) WIB. Para fan Liverpool tentu tidak bisa menerima kekalahan itu. Seharusnya The Reds mendapatkan gol penyama kedudukan pada menit ke-82 lewat tandukkan Andy Carroll.

Sayangnya hakim garis, Stuart Burt, menganulir gol itu. Ia menilai bahwa bola sundulan yang sempat ditepis oleh Petr Cech, belum melewati garis gawang.

Liverpool gagal meraih trofi juara FA akibat insiden kontroversial tersebut. Sepak bola memang seperti siklus. Tentu para Liverpudlian belum lupa akan gol kontroversial Luis Garcia ke gawang Petr Cech tujuh tahun silam.

Musim 2004/05 Liverpool menghadapi Chelsea pada babak semifinal Liga Champion leg kedua di Anfield. Garcia melakukan tendangan lob yang melewati jangkauan Cech, bola masih mampu dihalau oleh William Gallas. Bola tampak belum melewati garis gawang, namun wasit mengesahkannya menjadi sebuah gol.

Gol kontroversial pada menit keempat itu, menjadi gol tunggal yang meloloskan The Kop ke partai final menghadapi AC Milan. Sungguh luar biasa, pasukan merah Rafael Benitez berhasil menjadi juara Liga Champion usai mengalahkan Milan, walau sempat tertinggal tiga gol lebih dahulu.

Siapa sangka insiden itu kembali terulang di musim ini, 2011/2012. Kali ini kubu Chelsea lah yang diuntungkan oleh wasit. Bola sundulan Carroll yang sempat ditepis Cech, terlihat sedikit melewati garis gawang. Akan tetapi tidak terjadi pengesahan gol. Wasit utama, Phil Dowd, malah memberikan hadiah kartu kuning kepada Luis Suarez.