Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tundukkan PSAP, SFC Jauhi Persipura

By Frengky Aruan - Minggu, 6 Mei 2012 | 21:05 WIB
Firman Utina, dua golnya bantu SFC tundukkan PSAP. (Arief Bagus/Bolanews)

1.

Di laga ke-22nya di pentas ISL, Sriwijaya FC tampil cukup meyakinkan. Dengan mengandalkan umpan-umpan terukur, Laskar Wong Kito bahkan langsung menekan PSAP sejak peluit berbunyi.

Pada menit keempat, sebuah peluang emas pun menghampiri. Namun, Keith Kayamba Gumbs gagal mengkonversi umpan yang dilepaskan dari sisi kanan pertahanan PSAP. Bola sepakannya melambung jauh, tak terarah.

Meski gagal, SFC tak mengendorkan serangan. Semangat untuk meraih poin penuh di laga ke-22 di pentas ISL musim ini pada akhirnya mengantarkan Laskar Wong Kito mencetak gol pertama kala laga baru berjalan sepuluh menit. Gol pertama milik SFC diciptakan Thierry Gathusi dengan memanfaatkan bola sodoran yang dilepaskan Gumbs.

Terciptanya gol pertama itu sendiri tampak membuat para punggawa SFC kian termotivasi. Namun segala upaya yang digencarkan tak satu pun berbuah manis.

Pada menit ke-37 misalnya, sebuah peluang emas yang didapat M. Ridwan berujung sia-sia setelah bola sepakannya masih terlampau pelan. Pun demikian dengan peluang yang didapat Siswanto, tiga menit berselang.

SFC akhirnya harus puas menutup babak pertama dengan keunggulan tipis 1-0.

Keunggulan itu sendiri tampak membuat SFC belum puas. Kekhawatiran tak bisa meraih poin penuh, membuat Ponaryo Astaman cs. terus berupaya mencetak gol tambahan.

Ketika laga di babak kedua berjalan 11 menit, gol yang dinanti pun akhirnya tiba. Berawal dari sepak pojok Firman Utina, M. Sabani, kiper melakukan kesalahan. Upaya menepis bola justru mengalirkan bola ke gawang sendiri sekaligus membuat SFC unggul 2-0.

Namun keunggulan itu belum membuat Laskar Wong Kito puas. Dengan semangat yang masih membara, Ponaryo cs. akhirnya bisa memperpanjang keunggulan lewat gol Firman Utina pada menit ke-69 sebelum ditipiskan Sekou Camara dari titik putih pada menit ke-83.

Dengan kemenangan 3-1, Sriwijaya FC mantap dipuncak dengan koleksi 51 poin atau nggul tiga poin dari Persipura yang membuntuti di tangga kedua. Sementara itu, hasil ini membuat PSAP harus puas tetap berada di posisi 17 dengan poin 21.