Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Di Matteo Membela Para Pemain Senior Chelsea

By Lilianto Apriadi - Senin, 7 Mei 2012 | 13:15 WIB
Roberto Di Matteo (Shaun Botterill/Getty Images)

Manajer sementara Chelsea, Roberto Di Matteo, membela para pemain senior The Blues. Menurut pria asal Italia itu, gelar Piala FA yang diraih Sabtu (5/5), menjadi bukti bahwa mereka belum habis dan masih bisa memberi yang terbaik bagi klub.

Buruknya performa Chelsea di awal musim ini memunculkan stigma bahwa pemain-pemain senior The Blues telah melewati masa keemasan. Manajer Chelsea saat itu, Andre Villas-Boas, kemudian memutuskan untuk mengurangi ketergantungan terhadap mereka secara bertahap.

Namun, Di Matteo rupanya kurang sependapat dengan Villas-Boas. Menurut mantan pelatih West Brom itu, pemain seperti Didier Drogba dan Frank Lampard masih bisa memberikan sesuatu di level tertinggi dalam beberapa tahun ke depan.

"Jika mengikuti gaya hidup pemain profesional sejati dan berlatih dengan baik, maka karier seorang pemain bisa bertahan lama," ujar pria berusia 41 tahun itu kepada Fulham Chronicle.

"Telah banyak contoh dalam 10 tahun terakhir, di mana seorang pemain tetap bertahan di level tertinggi hingga usianya mencapai 38 bahkan 40 tahun. Mungkin secara fisik terlihat perbedaannya, namun karier seorang pemain saat ini seharusnya lebih panjang dibanding 15 tahun lalu," lanjutnya.

Care taker kelahiran Swiss itu juga membeberkan resep di balik kesuksesan mengubah Chelsea dari tim yang seolah tanpa harapan hingga bisa saja meraih double winner di akhir musim.

"Chelsea mengawali musim ini dengan buruk. Namun, berkat kualitas, pengalaman, dan ambisi kuat, kami mampu bangkit kembali. Para pemain hanya butuh menggali potensinya lebih dalam sehingga bisa menghadapi semua masalah dengan baik," pungkasnya.