Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jika Tibo Pindah Klub, Persipura akan Bertindak

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 11 Mei 2012 | 15:06 WIB
Titus Bonai (Bola News)

Segala kemungkinan pasti ada, termasuk bakal pindahnya Titus Bonai dari Persipura Jayapura agar bisa terus membela timnas bentukan Djohar Arifin Husin cs. Namun, apabila hal itu benar terjadi, Persipura yang sampai saat ini masih sah memiliki striker yang kerap disebut Tibo itu, bakal mengambil tindakan.

Menurut Thamrin Sagala, Sekretaris Umum Persipura, Tibo, pemain yang mencuat namanya di SEA Games XXVI di Jakarta dan Palembang itu saat ini masih terikat kontrak dengan tim berjuluk Mutiara Hitam. Dijelaskan Sagala bahwa kontrak Tibo baru akan berakhir sampai akhir musim ini.

Oleh karena itu, apabila klub mengambil Tibo sebelum kontrak berakhir, Persipura tak akan tinggal diam. "Jika ada klub yang memakai ia, entah itu yang berkompetisi di ISL atau dari IPL, maka kami akan memakai aturan yang tecantum di dalam statuta PSSI. Kami juga akan memakai peraturan-peraturan lainnya," kata Thamrin Sagala, Sekretaris Umum Persipura.

Perpindahan pemain dari klub ISL ke klub IPL agar bisa memperkuat timnas sebelumnya telah dilakukan Diego Michiels. Pemain naturalisasi kelahiran Deventer, Belanda, 8 Agustus 1990 silam itu pindah dari klub Pelita Jaya ke Persija IPL untuk memuluskan niatnya membela timnas.

Namun perpindahan itu menimbulkan polemik. The Young Guns, julukan Pelita Jaya yang kecewa lantaran kontrak pemain bersangkutan baru akan berakhir 31 Januari 2014 mendatang itu pun menuntut PSSI. Mereka menduga PSSI terlibat dalam kepindahan sang pemain.

Serupa dengan permasalahan tersebut, kepindahan Tibo ke klub IPL mungkin saja terjadi jika melihat kondisi saat ini. Keinginan Tibo untuk membela timnas sendiri tak sejalan dengan keputusan Persipura, yang disebutkan Sagala, sudah tak mengakui PSSI di bawah komando Djohar.

"Saat ini kami hanya mengakui PSSI kubu pak La Nyalla. Tidak ada PSSI yang lain. Jika mereka meminta pemain, maka kami akan melepas. Tapi kami juga akan melepas apabila negera yang meminta, dalam artian KONI atau Menpora yang membentuk timnas. Akan tetapi, jika diminta kubu IPL, kami tidak akan melepas."