Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Schumi Klarifikasi Kritiknya Mengenai Ban Pirelli

By Galih Rachdityo - Jumat, 11 Mei 2012 | 16:25 WIB
Ban Pirelli untuk GP Spanyol (Autosport)

Michael Schumacher akhirnya mengklarifikasi pernyataannya mengenai ban Pirelli, setelah mengkritisi mengenai penggunaan ban buatan pabrikan Italia tersebut, yang dianggapnya tidak memberikan banyak pengaruh dalam balapan.

Pebalap veteran asal Jerman ini mengkritisi penggunaan karet ban Pirelli, yang dikatakan olehnya sangat mustahil bagi para pebalap untuk terus melaju kencang sepanjang balapan, melainkan lebih berhati-hati agar tidak merusak ban terlalu banyak.

Kritik yang dilontarkan Schumi pun langsung mendapat tanggapan dari pihak Pirelli, di mana mereka menjelaskan hanya menyediakan ban untuk balapan sesuai dengan permintaan.

Menjelang ajang GP Spanyol, Ahad (13/5) waktu setempat, pebalap berusia 43 tahun tersebut menyatakan merasa sangat senang ada perdebatan terbuka mengenai ban yang dipergunakan, dan masih menganggap ban memiliki dampak yang besar pada saat balapan.

"Sebenarnya, kami sudah menyetuh pada sesuatu yang terus Anda bicarakan dan itulah prinsip bagaimana seharusnya Formula 1," kata Schumacher seperti dilansir Autosport, Kamis (10/5) waktu setempat."Dan saya cukup bahagia karena kami memprakarsai sebuah diskusi mengenai bagaimana pengaruh salah satu atau bagian-bagian lain yang seharusnya ada di F1."

"Saya menyatakan pada diri saya sendiri dan merasa salah satu bagian sudah terlalu banyak, yang seharusnya sedikit disesuaikan untuk setiap pebalap dan secara keseluruhan, dibandingkan dengan hanya dalam skala kecil," jelasnya.

Schumi juga membantah kabar yang mengatakan ia merasa frustasi dengan hasil yang diraih, karena tidak bisa mengambil yang terbaik dari ban. 

"Hal ini tidak ada hubungannya dengan saya yang merasa frustasi karena saya tidak pernah merasa frustasi," ujar Schumi. "Saya memulai balapan di Bahrain dari posisi 22 dan menyelesaikan balapan di posisi 10, yang saya pikir sebagai hasil yang positif."

"Sementara hal lain yang terjadi sebelumnya, diluar kontrol saya dan tidak ada hubungannya dengan saya. Hal itu hanyalah sebuah diskusi umum yang memang ingin saya mulai. Akan tetapi, tidak hanya bergantung pada saya untuk memutuskan ke arah mana diskusinya, tapi tentu saja saya merasa sangat senang dapat mengembangkan segala sesuatu bersama-sama dengan rekan kami dan Pirelli menjadi sebuah rekanan yang sangat penting," tutup eks juara dunia F1 tujuh kali tersebut.