Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arsenal Ketiga, Diikuti Tottenham dan Newcastle

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 13 Mei 2012 | 23:32 WIB
Pemain-pemain Arsenal. (Getty Images)

2, Minggu (13/5) malam WIB. Sedangkan Tottenham Hotspur finis di bawahnya usai mengalahkan Fulham 2-0 pada waktu yang sama. Di tempat lain Newcastle United harus puas finis di peringkat lima setelah tumbang 3-1 dari Everton.

Arsenal mengalahkan West Brom di The Hawthorns berkat tiga gol yang masing-masing dicetak oleh Yossi Benayoun pada menit ke-4, Andre Santos pada menit ke-30, dan Laurent Koscielny pada menit ke-55. Sedangkan dua gol West Bromwich dibukukan oleh Shane Long pada menit ke-11 dan Graham Dorrans pada menit ke-15.

Di sisi lain, Tottenham menumbangkan Fulham 2-0 lewat dua gol yang masing-masing dicetak Emmanuel Adebayor pada menit ke-1 dan Jermain Defoe pada menit ke-62.

Sementara itu di Goodison Park, Newcastle, yang sebenarnya juga bersaing dengan Spurs dan Arsenal dalam memperebutkan zona Liga Champion, harus rela menelan pil pahit setelah ditumbangkan Everton 1-3. Tiga gol Everton dicetak oleh Steven Pienaar (16'), Nikica Jelavic (26'), dan John Heitingan (64'). Sedangkan satu-satunya gol Newcastle tercipta berkat gol bunuh diri Tony Hibbert pada menit ke-73.

Rentetan hasil ini membuat Arsenal dipastikan tampil langsung di fase grup Liga Champion musim depan setelah sukses finish di peringkat tiga klasemen akhir Premier League dengan torehan 70 poin. Di bawahnya ada Spurs dengan raihan 69 poin, yang membuat mereka di atas kertas akan lolos ke fase play-off Liga Champions, dengan catatan Chelsea tidak menjuarai ajang tersebut musim ini.

Di posisi lima ada Newcastle, yang menyudahi musim ini di posisi lima klasemen akhir alias zona Liga Europa dengan poin 65, unggul satu poin dari Chelsea yang ada di posisi enam berkat kemenangan 2-1 atas Blackburn Rovers.