Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Jerman, Belanda Juara

By Husein Noval - Kamis, 17 Mei 2012 | 01:22 WIB
Tonny Trindade de Vilhena, pastikan kemenangan Belanda di babak adu penalti. (UEFA)

17 2012 usai mengalahkan Jerman melalui adu penalti, Kamis (16/5). Ini adalah untuk kedua kalinya berutut-turut Belanda menjadi juara. Tahun lalu mereka juga berhasil mengalahkan Jerman di final dengan skor 5-2.

Bermain di Stadion Stozice kota Ljubljana, Slovenia, Belanda sempat tertinggal lebih dulu ketika Leon Goretzka menjebol gawang kawalan Nick Olij di menit ke45. Sekedar informasi, di kelas U-17 pertadingan hanya berlangsung 80 menit (2x40 menit).

Hingga 80 menit waktu normal Jerman masih mampu mempertahankan kemenangan, namun sial segalanya berubah ketika Belanda menyamakan kedudukan pada masa injury time. Adalah Elton Acolatse yang menyelamatkan Belanda dari kekalahan setelah mencetak gol lewat tendangan voli.

Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Alhasil karena turnamen ini tak menganut format perpanjangan waktu, adu penalti menjadi pilihan untuk menentukan pemenang.

Di babak tos-tosan Belanda menang 5-4. Marc Stendera menjadi satu-satunya penendang yang gagal menuntaskan tugasnya. Keberhasilan Tim Oranje mempertahankan gelar dipastikan oleh sepakan terakhir Tonny Trindade de Vilhena.