Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Podium Kedua Berkat Lintasan Basah

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 20 Mei 2012 | 22:08 WIB
Valentino Rossi (Getty Images)

satunya tempat di mana Valentino Rossi bisa naik podium musim lalu. Sekarang, ketika kembali berlaga di sana pebalap Ducati itu mampu memperbaiki catatannya dengan finis di posisi kedua, Ahad (20/5) malam WIB.

Sejak awal lomba Rossi sadar betul bahwa memiliki peluang besar untuk dapat lebih kompetitif dengan kondisi lintasan yang basah karena hujan. Situasi tersebut sebenarnya sudah diharapkan Rossi sejak sesi kualifikasi. Rossi memang terkenal sebagai pebalap yang memiliki pengalaman paling baik saat menjalani race dengan kondisi lintasan basah.

Pebalap berdarah Italia itu mengawali balapan dari posisi ketujuh di Le Mans, namun dengan kelebihannya saat kondisi lintasan basah membantu dia sanggup melesat keurutan ketiga di belakang Casey Stoner. Akan tetapi, tepat di lap terakhir dia akhirnya mampu mengalahkan perlawanan Stoner dan berhak atas podium kedua setelah Jorge Lorenzo.

"Saya sangat senang karena hasil ini sangat penting bagi kami. Saya tahu kami punya kesempatan lebih baik dengan kondisi lintasan seperti ini untuk bisa naik podium," kata Rossi seperti dikutip Autosport.

"Saya coba mendorong motor dengan cara yang lebih baik agar dapat mempertahankan konsentrasi. Kami punya peluang bagus untuk finis di tiga besar, jadi sangat penting untuk mendorong motor dengan kecepatan maksimal," sambungnya.