Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah Untuk Kali Pertama, Juve Gagal Raih Double

By Arnoldi - Senin, 21 Mei 2012 | 04:19 WIB
Marek Hamsik dan Blerim Dzemaili. (Getty Images)

nya musim 2011/12 dengan gelar Coppa Italia setelah tumbang 0-2 dari Napoli di Stadion Olimpico pada partai puncak, Senin (21/5) dini hari WIB.

Bertekad membuat sejarah musim ini dengan meraih double untuk pertama kalinya sejak 1995, anak asuh Antonio Conte bermain menekan sejak menit pertama. Mereka menyerang Napoli bertubi-tubi dari sayap dan tengah lapangan.

Namun, bukan perkara mudah untuk mencetak gol ke gawang Napoli. Pertahanan I Partenopei yang rapat membuat Alessandro del Piero kesulitan mencetak gol. Bahkan mereka malah terlihat cukup kewalahan meladeni serangan balik Napoli. Babak pertama yang berjalan alot itupun diakhiri dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Juve berusaha bermain lebih agresif lagi untuk mencetak gol. Namun, bukannya bisa mencetak angka, Si Nyonya Tua malah kebobolan pada menit ke-68.

Saat itu Juve tak bisa membendung serangan balik yang dimotori Ezequiel Lavezzi. Kondisi itu membuat Marco Storari melanggarnya di kotak terlarang. Akibatnya wasit pun menghadiahi Napoli penalti, yang kemudian diselesaikan dengan sempurna oleh Edinson Cavani.

Kerepotan Juve menghadapi serangan balik Napoli itu berlanjut pada menit ke-83. Ketika itu Marek Hamsik berhasil mencetak gol dengan sepakan terukur dari sisi kiri kotak penalti memanfatkan umpan terobosan Goran pandev.

Usai gol Hamsik, Juve terus berusaha mengejar selisih gol mereka. Namun, usaha mereka itu semakin terlihat mustahil setelah Fabio Quagliarella dikartu merah langsung karena menyikut Stefano Aronica pada injury-time. Akhirnya Juve pun harus rela menerima dikalahkan Napoli setelah skor 0-2.

Bagi Juve, hasil negatif dari Napoli ini merupakan kekalahan pertama mereka di segala ajang. Sedangkan bagi Napoli, kemenangan sekaligus raihan trofi Coppa Italia ini memutus puasa gelar yang telah 22 tahun mereka rasakan.

Susunan Pemain:
Juventus:
Storari; Barzagli, Bonucci, Caceres; Lichtsteiner (Pepe 68), Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia; Del Piero (Vucinic 68), Borriello (Quagliarella 73)

Napoli: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Maggio, Dzemaili, Inler, Hamsik, Zuniga; Lavezzi (Pandev 72), Cavani (Britos 93)