Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

De Boer Jadi Kandidat Kuat Penerus Dalglish

By Oka Akhsan M. - Senin, 21 Mei 2012 | 13:48 WIB
Frank de Boer (Jamie McDonald/Getty Images)

Pelatih Ajax Amsterdam, Frank de Boer, menjadi favorit utama untuk menjadi suksesor Kenny Dalglish sebagai manajer Liverpool. De Boer dikabarkan telah dikontak pihak The Reds 48 jam lalu dan meminta waktu untuk mempertimbangkan tawaran tersebut.

Menurut Liverpoolfc News, De Boer muncul sebagai kandidat utama setelah berhasil membawa Ajax meraih gelar juara Eredivisie dua tahun berturut-turut. Legenda tim nasional Belanda itu bersaing dengan Fabio Capello yang juga dikaitkan dengan Liverpool setelah menolak tawaran Chelsea.

Berita mengenai De Boer menjadi kejutan bagi Roberto Martinez yang telah diizinkan Wigan untuk berbicara dengan pihak Liverpool. Namun, keputusan itu justru disambut baik Liverpudlian yang menolak penunjukan Martinez untuk menjadi manajer baru di Anfield.

De Boer saat ini dianggap sebagai salah satu pelatih muda paling berbakat di Eropa seperti Pep Guardiola. Ketertarikan Liverpool cukup beralasan karena De Boer telah membuktikan kualitasnya di Ajax.

De Boer berhasil membangun Ajax menjadi tim yang kembali disegani hanya dalam waktu 18 bulan setelah mengambil alih tugas Martin Jol. Sebagai pemain, De Boer pernah berkostum Ajax dan Barcelona, serta telah 112 kali memperkuat Tim Oranye.