Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

The Reds Bidik Van Gaal Sebagai Direktur Olah Raga

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 23 Mei 2012 | 09:52 WIB
Louis van Gaal (Valerio Pennicino/Getty Images)

Pasca pemecatan Damien Comolli sebagai Direktur Olah Raga Liverpool, nama Louis van Gaal langsung mencuat untuk dijadikan suksesornya. Pemilik The Reds, Fenway Sports Group diketahui menginginkan sosok yang berpengalaman untuk membawa klub Merseyside itu menuju ke masa keemasan lagi.

Van Gaal, eks pelatih tim nasional Belanda dan Ajax tersebut, sampai saat ini masih belum menangani satu pun klub sejak dipecat Bayern Muenchen pada 13 bulan lalu. Van Gaal diketahui tergoda untuk mencicipi pengalaman bekerja di Inggris, dan kemampuannya untuk memelihara dan mempromosikan pemain-pemain muda berbakat menjadi hal yang diminati oleh FSG.

Seperti dilansir The Daily Mail, Selasa (22/5), Liverpool dikatakan ingin membangun struktur baru dan ideal di dalam tubuh klub. Sementara itu, pemilik utama The Reds, John W. Henry, menginginkan seseorang yang sudah sarat pengalaman pada posisi Direktur Olah Raga dan dapat bekerja sama dengan pelatih muda.

Hal inilah yang membuat klub asal Merseyside itu berniat untuk mendatangkan pria berusia 60 tahun tersebut, karena Van Gaal memiliki kepribadian yang kuat dan sudah sangat berpengalaman dengan pemain-pemain muda. 

Bursa manajer Liverpool sampai saat ini pun masih terbuka. Beberapa nama sudah menolak untuk mengisi jabatan pasca pemecatan Kenny Dalglish pekan lalu. Beberapa kandidat seperti bos Wigan, Roberto Martinez, lalu Andre Villas-Boas, dan manajer Swansea, Brendan Rodgers, masih menunggu pembicaraan secara resmi dengan Liverpool. Meski diminati sebagai Direktur Olah Raga, tapi kekosongan posisi manajer The Reds, kemungkinan akan lebih dilirik oleh Van Gaal.