Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

The Blues Konfirmasi Kepergian Drogba

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 23 Mei 2012 | 11:09 WIB
Didier Drogba (Alex Livesey/Getty Images)

Spekulasi mengenai kepergian Didier Drogba dari Chelsea akhirnya berakhir. Setelah Drogba mengatakan akan hengkang dari Stamford Bridge, kini giliran pihak The Blues yang mengkonfirmasi kepergian penyerang berusia 34 tahun itu pada Juni mendatang, ketika kontrak pemain asal Pantai Gading ini berakhir.

Setelah mencetak gol kemenangan Chelsea di partai final Liga Champion kontra Bayern Muenchen, Ahad (20/5) dini hari WIB, Drogba memberitahu mengenai rencana kepergiannya pada rekan-rekan setimnya. Penyerang veteran The Blues ini juga sudah erat dikaitkan akan segera menuju ke Cina untuk bergabung dengan Shanghai Shenhua.

CEO Chelsea, Ron Gourlay, mengakui sangat kehilangan sosok Drogba di dalam tubuh The Blues. Gourlay memahami keputusan Drogba yang ingin mencari tantangan baru. Ia juga melabeli Drogba sebagai salah satu pemain legendaris The Blues dan dapat menjadi contoh bagi para pemain muda Chelsea.

"Didier tidak bisa dipungkiri lagi adalah seorang pemain legendaris Chelsea dan akan selalu menjadi bagian dari keluarga besar Chelsea. Ia pergi meninggalkan klub dalam posisi tertinggi, karena merasa sudah tiba waktunya untuk mencari tantangan yang baru," ujar Gourlay seperti dilansir The Telegraph, Selasa (22/5) waktu setempat.

"Tentu saja Didier sudah berkontribusi besar untuk kesuksesan Chelsea. Ia adalah seorang pesepak bola profesional sepanjang karirnya di sini, dan salah satu pemimpin alami di dalam skuad kami, sehingga ia menjadi inspirasi bagi banyak pemain-pemain muda," jelasnya.

"Kami tahu saat-saat seperti ini akan tiba, tapi Didier dan pihak klub baru membuat keputusan final dalam beberapa hari terakhir ini. Hal ini dikarenakan baik Didier maupun pihak klub tidak ingin terbelah fokusnya saat berlaga di ajang Liga Champion," lanjut Gourlay.

"Pembicaraan berjalan dengan lancar dan kami berharap yang terbaik untuknya di masa mendatang. Ia akan selalu diterima kembali di Stamford Bridge, baik sebagai pemain atau pun sebagai tamu kami," tuntasnya.

Selama delapan tahun memperkuat Chelsea, Drogba sudah menorehkan 157 gol dalam 341 penampilan bersama The Blues. Selain itu, pemain internasional Pantai Gading ini juga sudah mempersembahkan tiga titel juara Premier League, empat trofi Piala FA, dua trofi Piala Carling, dan satu trofi juara Liga Champion.