Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barton Dihukum 12 Laga

By Arnoldi - Kamis, 24 Mei 2012 | 02:16 WIB
Joey Barton (Getty Images)

Joey Barton akhirnya kena getahnya. Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menghukum Barton dengan larangan tampil sebanyak 12 laga dan denda sebesar 75 ribu pound atas tindakan kasarnya saat Queens Park Rangers (QPR) bertemu Manchester City pada 13 Mei lalu.

Perilaku kasar yang dihukum FA di sini adalah tindakan Barton yang menendang Sergio Aguero dari belakang dan menyikut Carlos Tevez di laga tersebut. Selain itu, ia juga dihukum atas tindakannya menyundul Vincent Kompany di pertandingan sama.

"Barton mendapat hukuman larangan tampil empat laga menyusul katu merah yang didapatnya di pertandingan tersebut, yang terdiri dari tiga pertandingan untuk perilaku kasar dan satu pertandingan lagi untuk kartu merah keduanya musim ini,"tulis pernyataan resmi FA.

"Dua pelanggaran lebih lanjut soal kekerasan di dalam pertandingan itu membuatnya mendapat hukuman tambahan delapan laga, yang masing-masing terdiri dua hukuman larangan bermain empat laga. Dengan demikian, Barton total mendapat hukuman sebanyak 12 laga," sambung pernyataan tersebut.

Dengan humukuman yang didapatnya, Barton dipastikan tidak akan bisa memperkuat QPR paling tidak hingga pertengahan November 2012 nanti. Itu tentu sangat merugikan QPR. Terlebih lagi Barton adalah salah satu pemain kunci di lini tengan The Super Hoops.

"Ada aturan perilaku yang harus ditaati dan perilaku Barton tersebut telah merusak citra sepak bola di negara ini. Terlebih lagi pertandingan tersebut disaksikan oleh seluruh dunia karena merupakan puncak dari musim 2011/12," simpul pernyataan resmi tersebut.