Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pep Yakin Vilanova Pelatih yang Hebat

By Arnoldi - Jumat, 25 Mei 2012 | 04:48 WIB
Josep Guardiola dan Tito Vilanova. (Getty Images)

Pep Guardiola mendukung asistennya, Tito Vilanova, untuk menjadi pelatih anyar Barcelona. Menurut pelatih yang kontraknya dengan Azulgranas akan berakhir 30 Juni itu, Vilanova adalah sosok yang hebat.

Menyusul keputusan Pep untuk tidak memperpanjang kontraknya pada April lalu, banyak orang memprediksi Barca akan menjadikan Marcelo Bielsa sebagai pelatih Lionel Messi cs. berikutnya. Namun, secara mengejutkan manajemen Barca malah mempromosikan Vilanova sebagai pelatih utama.

Keputusan itu kemudian dipertanyakan banyak pihak. Pasalnya, kebanyakan orang menganggap Vilanova belum terbukti kualitasnya. Namun, menurut Pep, manajemen Barca telah membuat keputusan tepat dengan mempromosikan Vilanova.

"Tito akan melakukan tugasnya dengan baik. Saya bahkan tidak akan perlu kembali dalam enam bulan ke depan, atau mungkin lebih lama lagi," kata Pep, seperti dikutip Sport.

"Pada November 2011 lalu saya makan malam nersama dengan Direktur Olah Raga Andoni Zubizarreta. Saat itu ia bertanya apakah menurut saya Vilanova cocok untuk dijadikan pelatih Barca berikutnya. Saya pun menjawab ya karena ia telah banyak membantu saya dalam lima tahun terakhir," simpul Pep.

Pep sendiri akan memimpin anak asuhnya untuk yang terakhir kalinya pada final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao pada 25 Mei. Ajang itu tidak hanya akan menjadi kesempatan terakhir Barca meraih trofi musim ini, tapi juga menjadi momen perpisahan Pep dengan pemain-pemainnya.