Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dikalahkan Cina, Indonesia Huni Dasar Klasemen

By Frengky Aruan - Jumat, 25 Mei 2012 | 21:38 WIB
Ilustrasi (Yan Daulaka/Bolanews)

Shabab, Dubai, Jumat (25/5), Denny Handoyo dkk. harus bertekuk lutut dengan skor telak 2-5.

Di dalam laga pertamanya, Indonesia yang mengenakan kostum kebesaran, yakni merah putih, sebenarnya bermain cukup baik. Dengan semangat yang ada, Denny cs. bahkan bisa membalas gol Cina yang diciptakan Hu Jie pada menit ke-18.

Gol bagi Indonesia sendiri dicetak oleh Afif Tamimy pada menit ke-20. Gol itulah yang pada akhirnya membuat Indonesia bisa mengimbangi Cina paling tidak hingga babak pertama berakhir.

Namun sayang, semangat para punggawa Indonesia tak berujung manis di babak kedua. Yang lebih parah, usai peluit dibunyikan tanda babak kedua dimulai, Indonesia justru kebobolan tiga gol sekaligus oleh Cina.

Ketiga gol Cina yang membuat Indonesia harus tertinggal jauh, masing-masing diciptakan Zhao Liang (26'), Deng Tai (29'), dan Cong Lin (32').

Di sisa laga, Indonesia sebenarnya bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol yang diciptakan sang kapten, Denny. Namun, gol tersebut akhirnya hanya berujung sia-sia setelah Cina mencetak gol kelima pada menit ke-40 lewat penyelesaian Hu Jie.

Atas hasil tersebut, Indonesia pun harus puas berada di juru kunci. Sementara hasil itu membuat Cina berada di puncak klasemen grup D dengan perolehan poin tiga atau unggul dua poin dari Uzbekistan dan Kuwait yang pada pertandingan lain bermain imbang 1-1.

Susunan Pemain

Indonesia: 1-Ade Lesmana (GK), 4-Ismail, 5-Syahidansyah, 10-Denny Handoyo (C), 14-Bambang Bayu Saptaji

Cadangan: 2-Teguh Limas Sarendra (GK), 3-Nur Ali, 6-Taufik, 7-Gustian Sukma Wardhana, 8-Fuji, 12-Afif Tamimy, 19-Julinur Hafid

Cina: 20-Li Kai (GK), 5-Cong Lin, 9-Deng Tao, 10-Lu Yue, 13-Hu Jie (C)

Cadangan: 3-Wang Wei, 4-Huang He, 6-Zhang Xi, 7-Zhao Liang, 12-Li Xin, 15-Wang Jun, 18-Wang Hongwei