Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto: Start 23, Finis 11

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 25 Mei 2012 | 22:13 WIB
Rio Haryanto (Arief Bagus/Bolanews)

Hasil bagus diukir Rio Haryanto di Seri 5 balapan GP2. Dalam feature race yang berlangsung di Sirkuit Monte Carlo, Monaco, Jumat (25/5), Rio finis di posisi 14. Hasil itu merupakan pencapaian bagus karena Rio memulai start dari posisi 23.

Rio Haryanto telah menyelesaikan lomba melebihi target yang ditetapkan timnya, Pertamina GP2 Team, Rio mampu finis ke-14 setelah berlomba selama satu jam. Posisi finis Rio bisa saja lebih baik jika ia tidak melakukan kesalahan melintas keluar batas track, yang mengakibatkan Rio dihukum penalty drive-through.
 
Bagi Rio menilai balapan di Monaco telah memberikan pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga bagi perkembangan kariernya. T

“Dengan tempo sepersekian detik saya harus memutuskan jalur yang harus saya lalui memasuki tikungan pertama. Saya memilih mengikuti jalur Nigel Melker yang berada di hadapan saya, karena saya mengira bahwa jalur balap utama tampak akan segera ter-block.  Kejadian tadi tidak memberikan keuntungan apapun buat posisi balap saya, sehingga saya menyesalkan keputusan hukuman drive-through buat saya," kata Rio, usai balapan.
 
Sementara Piers Hunnisett, manager teknis Rio , mengatakn, Balapan yang bagus buat Rio, sayang ia mendapatkan penalty meskipun banyak orang berpendapat bahwa ia tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dengan melintas melewati batas track. Catatan waktu putaran yang cukup baik, dibandingkan beberapa pembalap di depannya. Pengalaman yang berharga buat balapan besok dan tahun-tahun mendatang.
 
Seri 5 di Monaco masih akan berlanjut dengan digelar Sprint Race yang akan diadakan pada Sabtu, 26 Mei, sore waktu setempat. Rio saat ini berada di posisi klasemen 14, dengan 16 poin.