Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Messi cs. Beri Kado Perpisahan Manis untuk Pep

By admin - Sabtu, 26 Mei 2012 | 05:00 WIB
Pemain Barcelona merayakan kemenangan mereka. (Getty Images)

0 di Vicente Calderon pada final Copa del Rey, Sabtu (26/5) dini hari WIB.

Bertekad memenangi Copa del Rey sebagai hadiah perpisahan dengan Pep Guardiola, Barca bermain menekan sejak menit pertama. Dengan pola permainan cepat mengandalkan bola satu sentuhan, Barca pun menguasai jalannya pertandingan. Barca bahkan membuat tim asuhan Marcelo Bielsa nyaris tak berkutik.

Dengan kondisi itu, Barca pun seperti tanpa kesulitan mencetak gol. Pada menit ke-3, Pedro Rodriguez berhasil membawa Azulgranas unggul 1-0 lewat tendangan setegah voli menyambar bola hasil kemelud di depan gawang Bilbao.

Pada menit ke-20 Barca memperbesar keunggulan mereka menjadi 2-0 lewat gol Lionel Messi. Messi mencetak gol ke-73-nya musim ini dengan tendangan keras ke mistar gawang memanfaatkan umpan terobosan Andres Iniesta.

Barca semakin menjauh lima menit kemudian setelah Pedro mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut. Kali ini Pedro mencetak gol dengan tendangan akurat ke pojok bawah tiang jauh gawang menyambar back-pass Xavi Hernandez. Skor 3-0 untuk keunggulan Barca itupun bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Barca terus melanjutkan dominasinya. Namun, kali ini mereka tak terlalu agresif seperti babak pertama. Barca mencoba menurunkan tempo permainannya untuk menjaga keunggulan yang mereka dapatkan.

Taktik itu berjalan lancar. Barca tetap menguasai pertandingan seraya berhasil menahan serangan Bilbao. Pada akhirnya skor 3-0 untuk keunggulan Barca tersebut bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Kemenangan di partai final Copa del Rey ini membuat Barca semakin memantapkan posisi mereka sebagai tim tersukses di ajang tertua di Spanyol tersebut. Barca sukses meraih 26 titel, unggul tiga trofi dari Bilbao (23 gelar) dan delapan trofi dari Real Madrid (18 gelar).

Selain itu, raihan trofi di Copa del Rey ini menyempurnakan era Pep Guardiola sebagai entrenador Barca, setelah sebelumnya mengumumkan tak akan memperpanjang kontraknya di Camp Nou yang akan berakhir pada 30 Juni 2012.

Susunan Pemain:
Athletic Bilbao:
Iraizoz; Iraola, Ekiza, Amorebieta, Aurtenetxe; J. Martinez, D Marcos (Perez 46'); Susaeta (Ander 46'), Muniain, I. Gomez; F. Llorente (Toquero 73').

Barcelona: Pinto; Montoya, Mascherano, Pique, Adriano; Xavi (Fabregas 79'), Busquets, Iniesta; Alexis (Keita 73'), Messi, Pedro (Thiago 86').