Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tak Boleh Foto di Ruang Ganti

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 27 Mei 2012 | 22:01 WIB
Juventus Stadium (Valerio Pennicino/Getty Images)

tempat yang normalnya tak mendapat akses. Dipandu oleh mereka yang paham benar dengan arena tersebut, wisatawan pun mendapat sejumlah informasi krusial.

Andrea, yang menjadi pemandu tur kala BOLA mengikuti tur Juventus Stadium pada Kamis (24/5) siang mengakui inspirasi bangunan markas mereka didapat dari sejumlah stadion di Inggris. Secara khusus, ia menyebut Anfield milik Liverpool, Stamford Bridge (Chelsea), dan Old Trafford (Manchester United).

Arena yang dibangun dengan biaya lebih dari 120 juta euro ini memang cocok menjadi salah satu obyek wisata kota Torino. Selain kisah soal stadion itu sendiri, harga tiket masuk tur plus museum yang 18 euro atau sekitar 200 ribu rupiah terbilang relatif terjangkau.

Ada aturan yang sedikit berbeda di tur stadion ini. Tak seperti kebanyakan tur serupa, Juventus Stadium dengan tegas melarang pengunjung mengambil foto di ruang ganti pemain!

Padahal salah satu daya tarik utama tur semacam ini adalah bisa berfoto di lokasi tempat para pemain dan pelatih berkumpul menjelang laga, kala jeda, dan setelah pertandingan itu. Alasannya adalah, manajemen La Vecchia Signora telah menjual image rights ruang ganti stadion ke kantor berita La Presse.

Tak heran pengunjung pun kecewa kala Andrea mengumumkan hal itu. Meski disediakan fotografer resmi Juve, untuk mencetak foto tersebut dikenakan biaya ekstra 5 euro.