Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Umuh Sesalkan Jatuhnya Korban Tewas

By Frengky Aruan - Selasa, 29 Mei 2012 | 20:35 WIB
Umuh Mucthar (Budi Kresnadi/Bolanews)

Tragedi yang memakan korban di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (27/5), menimbulkan keprihatian banyak pihak. Umuh Mucthar, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT. PBB) bahkan mengutuk tindak pengeroyokan yang menewaskan tiga orang penonton itu.

Menurut Umuh di pemakaman salah satu korban tewas, Rangga Cipta Nugraha di TPU Cimuncang, Bandung, Selasa (29/5), pengeroyokan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab di kawasan SUGBK telah mencederai arti sepak bola.

Bahkan, pria berkumis ini menilai, pengeroyakan yang menyebabkan tiga orang tewas merupakan sebuah tindakan yang tidak terpuji. Pasalnya, kematian korban didahului oleh tindak penyiksaan atau pengeroyokan.

"Kejadian ini tentu harus diusut sampai tuntas. Hal ini juga harus diatasi bersama-sama, bukan hanya pihak keamanan saja. Semua harus belajar dari insiden yang terjadi," kata Umuh

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Viking, Heru Joko, berharap kejadian serupa tak terulang. "Kami sangat prihatin dengan kejadian ini. Kami berduka atas peristiwa ini. Kami berharap kejadian ini menjadi yang pertama dan terakhir," ujar Heru.