Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Setan Merah Didukung 659 Juta Penduduk Bumi

By Lilianto Apriadi - Rabu, 30 Mei 2012 | 02:35 WIB
Manchester United. (Getty Images)

Manchester United memang tidak meraih satu pun gelar musim ini. Namun, bicara popularitas skuad yang diasuh Sir Alex Ferguson itu masih nomor wahid di dunia. Setidaknya itulah klaim yang diucapkan klub asal Inggris tersebut.

Melalui situs resminya, United merilis sebuah hasil survei yang dilakukan Kantar. Hasilnya Setan Merah diklaim sebagai klub berbasis suporter tertinggi dengan jumlah 659 juta orang di seluruh dunia.

Benua Asia menjadi basis suporter terbesar United berjumlah 325 juta dengan Republik Rakyat Cina sebagai penyumbang terbesar berjumlah 108 juta. Afrika dan Timur Tengah menyumbang 173 juta, Benua Eropa 90 juta, dan Amerika 71 juta orang.

Seperti disebutkan di situs Forbes, bila hasil survei ini benar adanya, maka United berhasil menggandakan jumlah suporternya di tahun 2007. Artinya United punya massa dua kali lipat dari saingannya seperti Barcelona, Chelsea, Liverpool, dan Real Madrid.

Selain soal basis suporter, United juga masih tercatat sebagai klub terkaya di dunia. Berdasarkan laporan Forbes April 2012, kekayaan United ditaksir mencapai 2,24 juta dollar US (Rp20,5 triliun) dengan estimasi nilai brand sebesar 293 juta dollar US.