Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Samba Lumat Amerika Serikat

By Oka Akhsan M. - Kamis, 31 Mei 2012 | 13:26 WIB
Brasil (Rob Carr/Getty Images)

1, Kamis (31/5) pagi WIB, di Washington.

Tim Samba sudah membuka skor kala pertandingan baru memasuki menit ke-10 lewat gol Neymar dari titik penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Oguchi Onyewu menahan tendangan Leandro Damiao dengan menggunakan tangan.

Setelah gol tersebut, Selecao terus mendominasi laga dan tidak butuh waktu lama untuk menggandakan keunggulan. Pada menit ke-26, bola tendangan penjuru Neymar berhasil disundul masuk Thiago Silva yang berhasil lepas dari kawalan pemain bertahan Amerika Serikat.

Sebelum pertandingan babak pertama usai, tepatnya pada menit 45, Brasil dikagetkan serangan cepat Amerika Serikat. Hercules Gomez berhasil menyundul bola hasil umpan lambung Fabian Johnson untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Tim Samba terus melakukan tekanan pada babak kedua. Hasilnya, lewat sebuah kerja sama segi tiga yang cantik antara Hulk, Neymar, dan diselesaikan dengan baik oleh Marcelo pada menit ke-52.

Meski tertinggal 1-3, Amerika Serikat tidak tinggal diam. Beberapa kali Gomez, Clint Dempsey, dan Terrance Boyd memaksa penjaga gawang Rafael melakukan penyelamatan gemilang.

Namun, malah Tim Samba yang mampu memperbesar keunggulan lewat gol pemain pengganti, Alexandre Pato, pada menit ke -87. Striker AC Milan itu dengan tenang mengonversi umpan cantik Marcelo menjadi gol untuk menyempurnakan permainan meyakinkan Brasil.

Susunan pemain:

AMERIKA SERIKAT: Howard; Bocanegra, Onyewu, Cherundolo (Parkhurst), Bradley; Maurice Edu (Castillo), Jones, Jose Torres (Dempsey), Johnson (Boyd); Gomez, Donovan

BRAZIL: Rafael; Danilo, Thiago Silva, Juan, Marcelo; Sandro, Rômulo, Oscar; Neymar (Lucas), Damião (Pato), Hulk (Casemiro)