Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Soler Buat Persebaya Urung Menahan Malu

By Frengky Aruan - Minggu, 3 Juni 2012 | 17:41 WIB
Fernando Soler, dua golnya selamatkan Persebaya dari kekalahan. (Nurdiansah/Bolanews)

3 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya, Minggu (3/6).

Sejak laga dimulai, Persebaya bermain cukup baik. Dengan motivasi yang ada, mereka bahkan bisa mengungguli tim tamu Persija IPL dari sisi stastik permainan di babak pertama.

Dari tendangan menuju ke gawang misalnya, tim berjuluk Bajul Ijo itu unggul 10 dibanding 7 atas Persija IPL. Mereka juga unggul penguasaan bola dengan persentase 52 persen berbanding 48 persen untuk Persija IPL.

Namun sayang, keunggulan itu tak lantas membuat Persebaya bisa mencetak gol di babak pertama. Tercatat sejumlah upaya hanya berakhir sia-sia dan Persebaya pun harus puas menutup babak pertama dengan skor imbang tanpa gol.

Tak ubahnya seperti di babak pertama, beberapa upaya yang dilakukan Bajul Ijo di awal babak kedua juga berbuntut sama. Yang lebih menyakitkan mereka justru harus kebobolan lewat gol Emanuel De Porras pada menit ke-54.

Ketertinggalan itu sendiri semakin melebar manakala umpan matang yang dilepaskan De Porras pada menit ke-60 setelah lebih dulu meloloskan diri dari penjagaan, mampu dimanfaatkan dengan baik Rinto Ali menjadi gol. 0-2, Persebaya tertinggal.

Beruntung ketertinggalan itu tak membuat Erol Iba cs. patah semangat. Dengan mengandalkan semangat yang tersisa dan dukungan Bonek Mania, Persebaya akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-74 lewat gol Otavio Dutra dari titik putih. Dua menit berselang, Persebaya bahkan bisa menyamakan kedudukan.

Gol kedua bagi Bajul Ijo sendiri terjadi secara unik. Diawali sepakan Fernando Soler, bola mampu ditahan bek Persija IPL. Untung bagi Persebaya, bola yang kemudian membentur wajah Soler masuk ke gawang Persija IPL.

Tapi naas. Kedudukan yang sudah dibuat tak berjarak, tak bertahan. Pada menit ke-93, De Porras kembali mencatatkan namanya di papan skor. Sebuah sepakan yang menghujam pojok gawang Bajul Ijo pun membuat Persebaya kembali tertinggal.

Akan tetapi, Persebaya tak diam. Merespon gol tersebut, mereka coba memanfaatkan waktu tersisa. Dengan niat tersebut, Persebaya lewat tandukkan Soler pun membuat laga kembali imbang sebelum masa perpanjangan waktu benar-benar berakhir.

Arema Tekuk Persiraja

Di laga lainnya, Arema menuai hasil bagus. Saat menjamu Persiraja di Stadion Gajayana, Malang, Singo Edan versi IPL menang dengan skor 2-1.

Dua gol yang memenangkan Arema, masing-masing disumbangkan TA Musafri setelah mendapat umpan manis Ahmad Amiruddin pada menit ke-17 dan Ahmad Amiruddin, 10 menit berselang. Sementara itu, gol semata wayang Persiraja diciptakan Arief Kurniawan pada menit ke-39.