Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Brasil Dikalahkan Meksiko 0-2

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 4 Juni 2012 | 04:21 WIB
Meksiko tampil efektif melawan Brasil. (Mexsport)

2 dari Meksiko dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Cowboys, Texas, Amerika Serikat, Senin (4/6) dini hari WIB. Laga ini merupakan kesempatan bagi pelatih Brasil, Mano Menezes untuk melakukan eksperimen jelang Olimpiade London yang akan berlangsung kurang dari dua bulan lagi.

Brasil menghadapi Meksiko dengan modal kemenangan besar 4-1 atas Amerika Serikat tiga hari lalu, sementara Meksiko juga meraih kemenangan 2-1 atas Bosnia di partai uji coba dua hari lalu.

Pertandingan berjalan seru dan cenderung keras sejak awal, kedua tim sama-sama ngotot mencari kemenangan. Secara keseluruhan Selecao lebih menguasai jalannya pertandingan, namun Meksiko terbukti lebih efektif. Meski hanya beberapa kali mengancam lewat serangan balik, namun serangan yang dibangun Giovani Dos Santos lebih berbahaya.

Laga baru berlangsung 22 menit Meksiko sudah unggul melalui Giovani. Menyisir lapangan dari sebelah kiri, gelandang yang merumuput di Tottenham Hotspur itu melepaskan tendangan lob dari pinggir lapangan tanpa mampu dihentikan kiper Brasil, Rafael.

Tertinggal satu gol Brasil langsung meningkatkan intensitas serangan, namun lagi-lagi mereka kecolongan di menit ke-33. Juan Jesus menjatuhkan Giovani di kotak terlarang, tanpa ampun wasit menujuk titik putih. Javier 'Chicharito' Hernandez sebagai eksekutor tidak menyiakan kans membawa timnya unggul 2-0.

Di awal babak kedua Brasil malah tampil lebih buruk. Meksiko berhasil memanfaatkan situasi itu dan langsung menekan. Beberapa peluang dihasilkan, namun tidak ada yang berbuah gol.

Selecao perlahan bangkit dan kembali menguasai permainan, namun serangan yang dibangun Neymar cs. cenderung monoton dan mudah dibaca lini belakang El Tricolor yang tampil lugas malam ini. Alhasil hingga bubaran Brasil gagal mencetak gol dan dipaksa mengakui keunggulan Meksio dua gol tanpa balas.

***

Brasil: Rafael, Juan, Thiago Silva (Uvini 69'), Marcelo, Danilo, Romulo, Sandro (Lucas 61'), Neymar, Hulk (Wellington 77'), Leandro Damiao (Pato 61'), Oscar (Casemiro 83')

Meksiko: Corona, Moreno, Rodriguez, Torres, Meza (Nanez 88'), Salcido, Zavala, Guardado (Martinez 84'), Barrera (Andrade 69'), Chicharito (Lugo 77'), Giovani Dos Santos (De Nigris 55')