Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nilmaizar Puas dengan Kinerja Timnas

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 5 Juni 2012 | 22:53 WIB
Nilmaizar (Nurdiansah/Bolanews)

2 setelah sempat memimpin dua kali.

Dengan hasil itu, catatan kemenangan yang telah dipetik Indonesia saat bentrok dengan Filipina pun tak beranjak naik. Sebaliknya hasil seri yang terjadi antara Indonesia dan Filipina bertambah menjadi dua kali dari 21 kali pertemuan.

Meski gagal memperpanjang catatan kemenangan, pelatih tim Merah Putih, Nilmaizar, mengaku tak kecewa. "Saya justru puas dengan hasil ini," kata Nil seperti dikutip dari philstar.com.

"Mereka masih muda. Praktis juga masih baru. Akan tetapi, mereka sudah berjuang dengan sangat baik. Saya senang dengan kinerja mereka," sambung eks pelatih Semen Padang itu.

Dalam partai tersebut, Indonesia yang hanya diperkuat 15 pemain sebenarnya bermain cukup baik. Dengan semangat yang ada, Markus dkk. bahkan bisa keluar dari tekanan untuk kemudian membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-57.

Namun sayang, keunggulan itu tak bertahan lama. Pasalnya dua menit berselang Filipina membalas gol Patrich Wanggai sekaligus menyamakan kedudukan lewat sepakan James Younghusband.

Untungnya gol tersebut tak mematahkan semangat yang diperlihatkan para punggawa Indonesia. Lewat skema serangan balik, Indonesia pun akhirnya kembali memimpin 2-1 lewat Irfan Bachdim.

Indonesia sendiri sebenarnya mendapat keuntungan sejak menit ke-80. Pasalnya tim asuhan Nilmaizar bermain dengan jumlah pemain yang lebih banyak pasca-dikartumerahkannya Irfan dan dua punggawa Filipina: Manny Ott, Chieffy Caligdong.

Tapi apa daya, Indonesia tak bisa memaksimalkan hal tersebut. Yang lebih parah Indonesia harus kembali kebobolan pada menit ke-83. Gol yang diciptakan Phil Younghusband itu pun membuat Indonesia gagal meraih kemenangan.