Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persisam Dipaksa Berbagi Poin oleh Persija

By Frengky Aruan - Minggu, 10 Juni 2012 | 20:56 WIB
Ramdani Lestaluhu, golnya buat Persija imbangi Persisam. (Tjandra M. Amin/Bolanews)

Ambisi Persisam Putra Samarinda untuk mencuri poin penuh di laga kontra Persija Jakarta di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (10/5), gagal menjadi kenyataan. Kepastian ini diperoleh setelah gol Eka Ramdani mampu dibalas Ramdani Lestaluhu untuk membuat skor menjadi imbang hingga laga berakhir.

Di laga tersebut, Persisam sendiri bermain sangat baik. Dengan hasrat memetik poin penuh pasca hasil seri melawan Persib dan kekalahan atas Pelita Jaya di tur Jawa Barat, tim berjuluk Pesut Mahakam itu langsung tampil menggebrak sejak peluit dibukanya laga di bunyikan sang wasit, Oki Dwi Putra.

Pada menit ketujuh, Pesut Mahakam yang bisa mendominasi jalannya pertandingan bahkan bisa membuka keunggulan lebih dulu. Gol bagi Persisam lahir dari sebuah tandangan bebas Akbar Rasyid yang kemudian dimanfaatkan Eka Ramdani dengan tandukkan. Eka yang sebelumnya berhasil meloloskan diri dari jebakan offside bek Persija pun membawa Persisam unggul 1-0.

Berkat gol tersebut, Persisam tampak kian percaya diri. Bermodalkan hal itu Persisam nyaris menambah keunggulan pada menit ke-15. Namun sayang, bola sepakan kaki kanan Eka masih ditepis Andritany Ardhiyasa, kiper Persija, sehingga skor tak berubah hingga peluit mengakhiri babak pertama berbunyi.

Meski demikian, Persisam tak berhenti. Buktinya, dengan mengandalkan semangat yang ada mereka terus menekan Persija sejak peluit dimulainya babak kedua berbunyi. Hanya saja, bukan keberuntungan justru nasib buruklah menghampiri.

Ya, sebuah kesalahan Usman Pribadi yang terlalu lama membuang bola harus dibayar mahal kubu Persisam. Pasalnya, Ramdani Lestaluhu yang berhasil mencuri bola bisa mencetak gol pada menit ke-55 sekaligus membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Gol pertama untuk Persija itu sendiri tampak membuat Bambang Pamungkas cs. kian bersemangat. Tak dipungkiri, juga membuat Persisam ingin membalas.

Tapi apa daya, sejumlah percobaan yang dilakukan Persija, terkhususnya Persisam berkali-kali gagal. Performa apik yang ditunjukkan Andritany, juga kurang bagusnya percobaan yang dilakukan menjadi penyebabnya. Hingga peluit panjang berbunyi, kedua tim pun harus puas menutup laga dengan skor imbang 1-1.

Atas hasil ini, kedua tim tak beranjak naik. Persisam yang kini mengumpulkan poin sebanyak 34 tetap berada di tempat ke-10, sementara Persija tetap di posisi kelima dengan poin 46.