Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Kembali Jalin Kerja Sama dengan Klub Luar

By Frengky Aruan - Kamis, 14 Juni 2012 | 17:01 WIB
Bob Hippy

Ekspansi klub di dunia ke Indonesia untuk melakukan pembinaan usia muda, terus berlanjut. Setelah Boca Junior, kini Indonesia kembali kedatangan klub luar negeri yakni peserta Campeonato Brasileiro Série A, Cruzeiro.

Namun berbeda dengan klub seperti Boca Junior, Arsenal, Real Madrid, ataupun Liverpool, Cruizero melakukan pembinaan tanpa membuka sekolah sepak bola.

Hal ini pun diakui Koordinator Tim Nasional Indonesia sekaligus Ketua bidang Pembinaan Usia Muda PSSI, Bob Hippy, dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/6).

"Cruzeiro lain daripada yang lain. Mereka punya konsep yang tak sama. Konsep mereka sendiri tidak seperti franchise. Mereka lebih kepada melakukan kepelatihan sekaligus melakukan scouting kepada para pemain," sambung Bob.

Setelah melakukan hal tersebut, Bob menambahkan bahwa Cruzeiro akan membawa pemain tersebut ke Brasil. Di sana, para pemain berbakat yang terpilih akan kembali dilatih.

"Pemain-pemainnya akan dipilih langsung oleh tim pelatih klub tersebut. Tentu, hanya yang terbaik yang berkesempatan berlatih di sana," terang Bob.

Sementara itu, saat disinggung mengenai niat Cruziero, Head Coach Cruizeiro Official Representatif Asia, Jaino Matos mengungkapkan alasan pihaknya datang ke Indonesia.  

"Potensi pemain di Indonesia sangat besar dan cukup memuaskan dan kami datang ke Indonesia untuk memberi sumbangsih. Banyak yang bisa dilakukan dan banyak pemain yang bisa dipilih untuk ke Brasil," jelas Jaino.