Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hazard, Pep Cocok Untuk Spurs

By Windu Puspa Ningtyas - Jumat, 15 Juni 2012 | 15:50 WIB
Pep Guardiola (David Ramos/Getty Images)

Mantan pemain Tottenham Hotrspur, Micky Hazard, percaya Pep Guardiola akan sangat cocok jika melatih klub London Utara ini. Saat ini, bos Daniel Levy sedang mencari pelatih baru usai memecat Harry Redknapp.

Pada Kamis (14/6) waktu setempat, secara mengejutkan Spurs mengonfirmasikan telah memecat Redknapp setelah dirinya gagal mengantarkan Ledley King dkk. masuk ke zona Liga Champion musim depan. Tersiar kabar bahwa pelatih Wigan Athletic, Roberto Martinez, difavoritkan akan mengisi kursi kekosongan pelatih.

Namun, Hazard berpendapat Spurs harus melakukan segala upaya untuk menggaet Pep Guardiola.

"Jika kami memiliki pilihan di luar sana, hanya satu nama yang muncul, yaitu Guardiola. Dia akan cocok dengan gaya permainan Spurs. Mungkin banyak orang yang mengatakan hal itu tidak mungkin tapi terkadang keajaiban itu ada," ungkap Hazard.

Hazard cukup optimistis Spurs ingin mengejar Guardiola sebagai pengganti Redknapp. Menurutnya  apa yang dicari Guardiola bukanlah soal materi.

"Dia pasti telah memiliki segalanya. Dengan Guardiola melatih Spurs, hal tersebut menjadi poyek jangka panjang untuk menjadikan kami sekelas klub Barcelona. Menjadi tim yang mendominasi Eropa."

Guardiola memang telah menciptakan banyak prestasi bersama tim Catalan, termasuk dua kali juara Liga Champion, tiga trofi La Liga, dan dua juara Piala Dunia Antar Klub.

Sementara itu, Redknapp melihat terdapat keanehan dibalik pemecatannya. Dia ditunjuk oleh manajemen Spurs pada Oktober 2008 setelah pemecatan Juande Ramos yang hanya memberikan dua poin di delapan laga Liga Premier. Di musim pertama, Redknapp mampu membawa Spurs berada di urutan ke empat dan mencicipi ajang Liga Champion untuk pertama kalinya.

Namun, sejak itu Redknapp dua kali gagal untuk mengamankan tempat di Liga Champion.