Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Tunjuk Todung Jadi Ketua Joint Committee

By Frengky Aruan - Minggu, 17 Juni 2012 | 22:39 WIB

penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara PSSI, KPSI, dan ISL di Hotel JW Marriott, Kuala Lumpur, Malaysia, 7 Juni, PSSI bersuara. Mereka akhirnya menginformasikan nama utusan mereka di Joint Committee atau Komite Gabungan setelah sempat dirahasiakan.

Seperti yang disebutkan Wakil Ketua Umum PSSI, Farid Rahman, PSSI sendiri telah sepakat mengutus Todung Mulya Lubis, Catur Agus Saptono, Saleh Ismail Mukadar, dan Widjajanto.

"Nama-nama tersebut juga sudah kami sampaikan ke AFC," terang Farid saat ditemui di Final Nasional Danone Nations Cup 2012 di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta, Minggu (17/6).

Untuk posisi keempat nama di atas, Farid memaparkan bahwa Todung ditunjuk untuk menjadi Ketua Komite Gabungan. Sementara itu, tiga nama lainnya akan menjadi anggota Komite Gabungan.

"Mereka dipilih dengan beberapa pertimbangan. Pak Todung itu kan Ketua Komite Etik, kemudian Wija dari LPIS, sementara Catur merupakan Komdis, dan pak Saleh dari bidang kompetisi. Mereka dipilih karena kami anggap mengerti tentang hukum, aturan, serta kompetisi," jelas Farid.

Dengan begitu, susunan Komite Gabungan atau komite yang bertugas untuk merancang liga baru serta meninjau statuta dan masalah keorganisasian lainnya, kini sudah lengkap. Sebelumnya pihak KPSI dan ISL sendiri telah mengungkapkan nama utusan mereka.

Seperti yang disebutkan La Nyalla Mahmud Mattalitti, Senin (11/6), "Dari hasil rapat Komite Eksekutif, kami sudah menentukan bahwa pak Djamal Aziz akan menjadi wakil ketua. Sedangkan yang mengisi posisi anggota yakni Djoko Driyono, Hinca Panjaitan, dan Togar Manahan Nero."

Berikut Susunan Komite Bersama:

Ketua: Todung Mulya Lubis

Wakil Ketua: Djamal Aziz

Anggota: Catur Agus Saptono, Saleh Ismail Mukadar, Widjajanto, Djoko Driyono, Hinca Panjaitan, Togar Manahan Nero