Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Surat Tugas JC Keluar Setelah Rapat Komite Darurat

By Frengky Aruan - Selasa, 26 Juni 2012 | 14:33 WIB

jauh hari. Akan tetapi, sampai saat ini komite yang akan bertugas untuk merancang liga profesional baru, meninjau Statuta PSSI, dan masalah keorganisasian lain itu, belum dapat berjalan.

Penyebabnya, FIFA sampai saat ini belum membalas surat yang dikirim oleh AFC dan Task Force yang di dalamnya memuat MoU antara PSSI, KPSI, dan ISL serta kedelapan nama yang dimasukan untuk terlibat di Komite Bersama.

"Ya, kita belum mendapat surat balasan atau surat tugas dari FIFA. Jadi, sampai saat ini kami masih menunggu surat tersebut," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Tri Goestoro di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (26/6).

Menurut pemahaman Tri, surat itu sendiri akan keluar setelah Komite Darurat FIFA bersidang. "Seharusnya, pengesahan surat itu dilakukan oleh Komite Eksekutif FIFA, tapi karena Komek FIFA sudah tak bersidang lagi maka dilimpahkan ke Komite Darurat."

"Jadi di sana nanti akan diputuskan apakah MoU disetujui atau tidak. Kalau disetujui, mereka tentu akan bersurat dan kemungkinan JC bisa berjalan. Apabila itu terjadi maka sanksi sepertinya tidak akan jatuh, pasalnya, Komite Darurat kan menentukan apakah Indonesia akan disanksi atau tidak juga."