Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ditarik Klub, Tiga Pemain ISL Tak Masuk Daftar

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 27 Juni 2012 | 17:58 WIB

22 sebentar lagi akan turun dalam babak Kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E, di Riau. Dalam waktu yang kurang dari delapan hari lagi, tim besutan Aji Santoso itu sudah merilis 23 nama pemain yang akan turun dalam babak kualifikasi yang juga diikuti Jepang, Australia, Singapura, Makau, dan Timor Leste itu.

Namun cukup mengejutkan. Dari 23 nama yang dinformasikan Penanggung Jawab Timnas, Bernhard Limbong, tak ada satu pun pemain ISL. Padahal, beberapa hari sebelum ke-23 nama diumumkan, tercatat sudah tiga pemain ISL bergabung ke skuad yang juga dipersiapkan untuk SEA GAmes Myanmar itu.

"Bukan saya yang menentukan tetapi pelatih yang menentukan dari hasil uji coba melawan Persiba Bantul, kemarin," kata Limbong di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu (27/6).

Lantas kenapa Aji tak menyertakan tiga pemain ISL: Andritany, Rudi Setiawan, dan Septia Hadi? Saat ditemui di Intercontinental Jakarta MidPlaza, Jakarta, Rabu (27/6), Aji menyebutkan alasannya. 

"Nama mereka belum kami cantumkan karena mereka belum pasti. Pasalnya, saat ini mereka ditarik kembali oleh klubnya. Sepertinya klub membutuhkan mereka karena akan bertanding pada akhir pekan ini," terang Aji.

Akan tetapi, Aji menjelaskan bahwa peluang ketiga pemain ISL itu memperkuat timnas di Babak Kualifikasi Piala Asia U-22, masih terbuka. "Kita sendiri sebelumnya sudah memasukan 50 nama. Jadi, mereka bisa tetap masuk jika ada sesuatu di skuad yang sudah berjumlah 23."

"Oleh karena itu, kita masih akan menunggu mereka sampai Minggu. Kalau tidak ada sampai Senin, maka kita close," tutup Aji.

Berikut 23 Pemain Timnas U-22:

1. MUHAMMAD RIDWAN
2. AJI SAKA
3. DHIKA BAYANGKARA
4. SYFARUDIN TAHAR
5. SYAIFUL INDRA CAHYA
6. AGUS NOVA WIANTARA
7. NURMUFID FASTABIQUL
8. DANY SAPUTRO
9. NOVRIANTO
10. RASYID BAKRI
11. MUSTAID BILLAH
12. KURNIAWAN
13. DIO PERMANA
14. BIMO RAGIL SATRIA
15. M. RIDWAN
16. FANDY EKO UTOMO
17. AGUNG SUPRIYANTO
18. HENDRA ADI BAYAUW
19. YOSUA PAHABOL
20. ANDIK FIRMANSYAH
21. SYAHRONI
22. WAHYU TEGUH
23. ACHMAD FARDIANSYAH