Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hadapi Everton, Timnas yang akan Turun Belum Jelas

By Frengky Aruan - Senin, 2 Juli 2012 | 14:37 WIB

Ketidakjelasan tentang tim yang akan diturunkan di dalam turnamen Java Cup 2012, mulai terlihat. Seperti yang dikatakan Wakil Sekjen, Tondo Widodo, PSSI nantinya justru akan menurunkan timnas senior di turnamen yang juga diikuti oleh Everton dan Galatasaray itu.

Pernyataan Tondo itu sendiri mendapat pembenaran dari Koordinator Timnas, Bob Hippy. Saat ditemui di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (2/7), mantan pemain timnas era 60-an itu menyatakan bahwa PSSI akan menurunkan timnas senior di event yang rencananya dimulai pada 26 Juli mendatang.

"Tadi, saya bertemu dengan Fabio Oliviera (asisten pelatih timnas senior) untuk membicarakan hal itu. Dari pembicaraan, kami sepakat untuk memanggil pemain sekitar tanggal 16 Juli mendatang atau sepulu hari sebelum event itu digelar," kata Bob.

Hal ini tentunya berbeda dibanding saat jumpa pers di Intercontinental Jakarta MidPlaza, beberapa waktu lalu. Dalam sesi tanya jawab dengan awak media, penyelenggara memastikan tim yang akan turun adalah tim besutan Aji Santoso.

Dengan begitu, tak mengherankan apabila Aji pada akhirnya lebih memilih menurunkan banyak pemain timnas U-22. "Saya ingin pemain dari timnas U-22 mendapat pengalaman dan bisa merasakan pertandingan internasional."

"Ini saya lakukan juga tak lepas dari persiapan kami sebelum turun di SEA Games Myanmar. Di Myanmar, saya sendiri dipatok target oleh PSSI agar bisa membawa tim meraih emas."

"Oleh karena itu, pemain dari timnas U-22 akan lebih banyak. Untuk timnas senior, mungkin kami akan mengambil 7 sampai 8 pemain saja," jelasnya.

Namun begitu, boleh jadi perubahan ini disebabkan perubahan agenda timnas. Seperti yang diungkapkan Bob, timnas senior sendiri sebelumnya berencana beruji coba dengan timnas Filipina, 14 Juli di Jakarta. Akan tetapi, karena masalah non teknis yang dihadapi Filipina, uji coba urung digelar.