Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

12 Negara Sudah Pastikan Tampil di Piala Asia U-22

By Frengky Aruan - Kamis, 5 Juli 2012 | 15:35 WIB

22. Namun hal itu berbeda dengan grup lainnya. Enam grup lainnya nyatanya sudah menuntaskan semua pertandingan. Bahkan setiap grup telah memunculkan dua negara yang berhak tampil di putaran final Piala Asia U-22.

Di grup A, Irak dan Uni Emirate Arab sudah dipastikan bakal tampil di putaran final. Kepastian ini diperoleh setelah kedua negara itu mengumpulkan poin 11 atau satu poin lebih banyak dibanding Oman yang menempati posisi ketiga.Sementara itu, Arab Saudi dan Syria berhak tampil diputaran final mewakili grup B setelah memetik empat kemenangan dan satu hasil seri.

Dominasi negara kuat di sepak bola juga terlihat di grup C. Pada grup yang menggelar babak Kualifikasi Piala Asia U-22 di Malaka, Malaysia itu, dua tim kuat: Iran dan Kuwait telah memastikan tiket ke putaran final setelah mencatatkan hasil lebih baik dari tiga negara lainnya: Bahrain, Tajikistan, Qatar, Maladewa. Sedangkan di grup D, Yordania dan Uzbekistan berhak tampil di final. Sementara grup F diwakili Korea Utara dan Cina, adapun G diwakili Korea Selatan dan Myanmar.

Setelah memastikan diri, seperti yang disebutkan di atas, ke-12 negara itu akan melanjutkan kiprahnya di putaran final bersama dua negara yang lolos dari grup E ditambah tim berperingkat tiga terbaik.

"Tuan rumah dari kompetisi final otomatis akan lolos ke putaran final," jelas AFC dalam situs resminya, the-afc.com. Dengan begitu, final pun akan diikuti oleh 16 negara.

"Untuk final akan dimainkan pada 11-26 Januari 2014 dan tuan rumah nanti akan dikonfirmasi dalam pertemuan Komite Eksekutif AFC yang digelar 19 Juli 2012," sambung AFC.