Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tidak Ada Treble Tanpa Xavi, Iniesta, dan Casillas

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 5 Juli 2012 | 19:40 WIB
Vicente del Bosque (Getty Images)

Vicente del Bosque mengakui peran penting dari tiga pemain tim nasional Spanyol, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Iker Casillas. Del Bosque tidak yakin La Furia Roja sanggup hattrick memenangi gelar paling bergengsi tanpa peran ketiga pemain tersebut.

Spanyol menjadi negara pertama dalam sejarah Eropa yang mampu menjadi juara Euro dua kali beruntun usai mengalahkan Italia 4-0 di final Euro 2012. Selain itu, La Roja juga berhasil menjadi juara dunia 2010 di Afrika Selatan.

Saat ini xavi dan Casillas telah berumur lebih dari 30 tahun dan Iniesta sudah 28 tahun. Faktor tersebut menimbulkan kekhawatiran mengenai kestabilan performa tim Spanyol dengan level seperti sekarang pada tahun-tahun ke depan.

"Mereka adalah pemain yang tak tergantikan. Tanpa mereka tidak akan ada tiga gelar beruntun. Akan tetapi, saya yakin ada pemain-pemain lain yang dapat mengisi posisi mereka mengingat kinerja para pemain muda sangat baik," kata pelatih berusia 61 tahun itu seperti dikutip Kicker.

"Anda bisa melihat terdapat banyak talenta di tim Olimpiade Spanyol. Di tim senior Spanyol, pemain seperti Cesc Fabregas dan Santi Cazorla harus menunggu untuk mengambil peran yang lebih besar," sambungnya.