Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Murray Hadapi Tantangan Berat di Final Wimbledon

By Ade Jayadireja - Sabtu, 7 Juli 2012 | 13:20 WIB
Andy Murray (Getty Images)

3, 6-4, 3-6, 7-5 atas petenis Perancis, Jo-Wilfried Tsonga, Jumat (6/7).

Keberhasilannya menyingkirkan unggulan kelima itu membawa Murray untuk menghadapi unggulan ketiga dari Swiss, Roger Federer, di partai final pada Minggu (8/7). Peraih enam gelar juara di All England Club ini lolos setelah menaklukkan pemain nomor satu dunia yang juga juara bertahan, Novak Djokovic, dengan 6-3, 3-6, 6-4, 6-3.

Sebelumnya Bunny Austin menjadi petenis terakhir dari Inggris yang mencapai final Wimbledon pada tahun 1938. Padahal, negara itu memiliki 11 kesempatan, tetapi semua harapan itu pupus di semifinal. Kini, Murray telah mengulangi sejarah 74 tahun silam.

Unggulan keempat ini akan menjadi orang Inggris pertama yang menjadi juara Wimbledon sejak Fred Perry pada tahun 1936, jika berhasil mengalahkan Federer di final.

Namun ini bukan pekerjaan mudah bagi Murray, yang mengincar gelar pertama grand slam, untuk mengulangi kesuksesan Perry. Pasalnya, Federer juga sedang mengejar banyak rekor di turnamen ini, yaitu tujuh kali menjadi juara dan kembali jadi nomor satu dunia, di samping menambah trofi grand slam menjadi 17.

Laporan Tribunnews.com