Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zeman Bingung Menempatkan Totti di Formasi 4-3-3

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 8 Juli 2012 | 03:47 WIB
Zdenek Zeman (Giuseppe Bellini/Getty Images)

3-3. Pemakaian formasi ofensif ini menuntut energi lebih dari para pemain karena cenderung menampilkan permainan sepak bola atraktif.

Hal ini tampaknya bakal menjadi masalah bagi Francesco Totti. Mengingat kapten Roma ini telah menginjak usia 35 tahun. Tentu sulit bagi Totti untuk melakoni peran sebagai penyerang tengah yang kudu bergerak aktif di sepanjang laga.

"Terlalu cepat untuk membicarakan posisi bermain bagi Totti. Saya masih harus meninjau kebutuhan tim utama. Saya akan melakukan yang terbaik," kata Zeman pada Football Italia.

Tapi, absennya sang kapten di lapangan hijau tentu dihindari Zeman. Pasalnya, mantan pelatih Pescara ini pernah bekerja sama dengan Totti ketika menukangi Serigala Roma pada musim 1997 hingga 1999. Zeman mengerti betul, Totti kerap menjadi sosok sentral pendongkrak semangat juang rekan-rekannya.

"Totti dan saya pernah bekerja sama 13 tahun silam dan itu sudah sangat lama. Saya telah melihat bagaimana permainan Totti. Mungkin kondisi fisiknya telah menurun. Tapi, itu hal yang normal," tambah pria berusia 65 tahun ini.