Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lawan Makau, Indonesia Pakai Formasi 4-3-3

By Lilianto Apriadi - Senin, 9 Juli 2012 | 14:35 WIB

22 optimistis recovery pasca-laga melawan Timor Leste, Sabtu (7/7), berjalan baik. Apabila itu benar terjadi, asisten pelatih, Liestiadi, pun memastikan bahwa Indonesia akan turun dengan kekuatan terbaik saat melawan Makau di Stadion Utama Riau, Selasa (10/7).

"Iya, kalau fit. Kita beberapa hari ini terus melakukan latihan untuk recovery," kata Liestiadi.

Hanya saja, Liestiadi menjelaskan rencananya Garuda Muda akan berlaga dengan formasi berbeda. "Mungkin kami akan turun dengan formasi 4-3-3 dengan menempatkan tiga penyerang sekaligus di depan," terang Liestiadi.

Menurut Liestiadi, penerapan formasi itu bukan tanpa sebab. Ini dilakukan karena tim akan tampil menyerang saat melawan juru kunci Grup E itu. "Untuk laga tersebut, kami menekankan untuk bermain menyerang."

Namun demikian, Liestiadi mengakui formasi itu tak lantas membuat timnas bisa dengan mudah melakoni laga melawan Makau. Seperti yang dinilainya, Makau sendiri punya permainan bagus.

"Mereka juga bermain cepat dan ngotot. Bahkan saat melawan Australia, mereka bisa mencetak dua gol meski akhirnya kalah 3-2. Lini depan mereka juga bagus, contohnya pemain bernomor punggung 19 (De Jesus Morais Alves Vinicio)," jelas Lisetiadi.

"Akan tetapi, sebagai tim pelatih kami tetap optimistis. Dengan kemenangan, kans untuk lolos kan jadi semakin besar. Jadi memang kita harus menang."