Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cruthclow Semakin Dekat dengan Ducati

By Oka Akhsan M. - Senin, 9 Juli 2012 | 19:53 WIB
Cal Crutchlow, ingin segera hengkang ke tim pabrikan (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Cal Crutchlow semakin dekat dengan Ducati. Rider asal Inggris itu mengonfirmasi sedang melakukan pembicaraan serius terkait kemungkinan membela tim pabrikan asal Italia itu untuk musim depan.

Performa Crutchlow bersama Yamaha Tech 3 dalam dua musim terakhir bisa dibilang sangat luar biasa. Namun, pebalap berusia 26 tahun itu merasa sulit bersaing untuk menjadi juara Motogp jika tetap memperkuat tim satelit.

"Saya sedang melakukan diskusi serius dengan Ducati. Saya bisa saja menetap di Tech 3, namun sulit untuk meraih gelar juara jika tidak memperkuat tim pabrikan," ujar Crutchlow kepada BBC Sport.

Enam motor terbaik di Motogp saat ini adalah milik tim pabrikan, seperti Yamaha, Ducati, dan Honda. Crutchlow tidak menutup fakta bahwa dirinya ingin bergabung dengan salah satu tim pabrikan tersebut, terutama Yamaha Factory untuk menjadi rekan setim Jorge Lorenzo.

Namun, harapan tersebut sepertinya sulit menjadi kenyataan karena partner Lorenzo musim ini, Ben Spies, sedang membicarakan perpanjangan kontrak dengan tim pabrikan asal Jepang itu. Jadi, peraih gelar Rookie of the Year 2011 itu hanya dihadapkan pada dua pilihan, bertahan di Tech 3 atau menerima tawaran Ducati.

Hengkang ke Ducati bisa dibilang sebuah perjudian besar. Pasalnya, Crutchlow lebih sering finis di depan duo Ducati. Bahkan, pebalap sekaliber Valentino Rossi tidak mampu membuat Ducati menjadi lebih cepat.

Kursi pebalap musim depan

Sementara itu Rossi terus mencoba meredakan isu terkait kemungkinan hengkang dari Ducati. Tujuh kali juara Motogp tersebut menyatakan tetap percaya dengan pengembangan yang terus dilakukan Ducati demi memperbaiki performa motor yang belum maksimal.

"Saya telah berbicara dengan para petinggi Ducati. Mereka terus berusaha menjadikan motor kami semakin kompetitif. Ini adalah proyek yang ambisius dan saya merasa sangat senang. Mereka berharap banyak pada saya," kata Rossi.

Beberapa tim lain juga telah memastikan pebalap untuk musim depan. Lorenzo telah memperpanjang kontrak selama dua tahun di Yamaha dan Stefan Bradl juga menyetujui kontrak dua tahun yang ditawarkan LCR Honda.

Pebalap yang baru saja menjuarai GP Jerman, Dani Pedrosa, telah mengonfirmasi sedang melakukan pembicaraan perpanjangan kontrak dengan Repsol Honda. Sementara calon kuat pengganti Casey Stoner yang memutuskan pensiun pada akhir musim ini adalah pebalap Moto2 asal Spanyol, Marc Marquez.