Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Ikut Tes Formula 1

By Yudhi F. Oktaviadhi - Rabu, 11 Juli 2012 | 22:25 WIB
Rio Haryanto

Rio Haryanto kini menapaki jejak karier yang semakin cemerlang. Meski sedang berkonsentrasi di ajang GP2 bersama tim Marussia Carlin, tapi Rio segera melakukan uji coba Formula 1. Dalam pekan ini Rio akan menjalankan program Formula 1 Young Driver.

Rencananya tes tersebut akan diadakan di Sirkuit Silverstone, Inggris pada  12 dan 13Juli. Rekan setim Rio, Max Chilton juga akan mengikuti uji coba serupa. Tes ini merupakan yang kedua kalinya bagi Rio dan Max. Sebelumnya Rio sempat mengendarai mobil F1 selama setengah hari dalam sesi tes di Abu Dhabi pada tahun 2010.

“Program Formula One Young Driver Test bersama tim Marussia F1 ini merupakan kesempatan terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh Rio Haryanto untuk menorehkan sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang berkompetisi di ajang kompetisi motorsport tertinggi dunia," ucap Ali Mundakir, Vice President, Corporate Communication, PT Pertamina (Persero), selaku sponsor utama tim Marussia Carlin GP2 Team.

Berdasarkan penampilan yang positif di kejuaraan GP2Series sejauh ini, tim Marussia sangat antusias memberikan kesempatan yang berharga kepada kedua pebalap guna mengevaluasi lebih jauh potensi perkembangan mereka untuk mencapai jenjang kompetisi motorsport tertinggi.

"Saya sangat berterima kasih kepada tim Marussia F1 yang telah memberikan saya kesempatan ini, dan kepada Pertamina yang telah membantu mewujudkan hal ini. Setelah bekerja sama dengan tim Marussia sejak tiga tahun terakhir, di GP3 dan GP2, saya merasakan menjadi bagian dari tim dan saya menyadari bahwa mereka terus memantau setiap kegiatan balapan saya selama ini dengan penuh antusias," kata Rio.

Nantinya setiap pebalap akan memperoleh sesi tes satu hari penuh menggunakan mobil 2012MR-01, yang dibagi dalam jadwal dua hari. Pada hari pertama, yang akan diselenggarakan di sirkuit Grand Prix, Max dijadwalkan akan melakukan tes di sesi pagi, dan Rio di sesi siang. Aktivitas selanjutnya di hari kedua akan dilangsungkan di sirkuit International, dengan Rio dijadwalkan melakukan testingnya di sesi pagi dan Max di sesi siang hari.