Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ajax Akan Pinjam Marc Muniesa dari Barcelona

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 17 Juli 2012 | 10:49 WIB
Marc Muniesa (David Ramos/Getty Images)

Defender muda Barcelona, Marc Muniesa, mengatakan dirinya ingin bermain untuk Ajax Amsterdam. Klub Belanda yakin pemain jebolan akademi Barcelona ini mampu menggantikan peran kapten Jan Vertonghen yang hijrah ke Tottenham Hotspur.

Direktur Olahraga Ajax, Marc Overmars, mengambil langkah cepat untuk meminjam Muniesa guna memperkuat lini pertahanan De Godenzonen. Muniesa sempat diturukan sebanyak dua kali saat masa kepelatihan Pep Guardiola. Namun, dikabarkan pula klub Catalan ini tertarik untuk memperpanjang kontrak pemain berusia 20 tahun.

Walau begitu, pihak Barcelona memberikan lampu hijau kepada Muniesa untuk mencicipi atmosfer sepak bola Belanda dengan status peminjaman.

"Muniesa ingin ke sini dan ada peluang peminjaman. Barcelona akan berbicara pada Selasa (17/7) untuk menawarkan kontrak baru dan memberi izin untuk datang ke Ajax. Selanjutnya saya akan menunggu kabar dari Barcelona," kata Overmars kepada De Telegraaf.

Pelatih Ajax yang juga mantan pemain Barcelona, Frank de Boer, menyetujui langkah yang diambil Overmars. Ia juga telah memikirkan strategi yang akan digunakan bila Muniesa datang ke Belanda.

"Muniesa telah bermain banyak untuk Barceloa B di divisi Segunda A. saya telah melihat rekaman saat ia bermain. Muniesa memiliki kaki kiri yang kuat dan sangat sesuai dengan Ajax. Saya akan memasangnya sebagai bek kiri atau tengah," kata De Boer dilansir skysports.com.