Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sulit Tentukan Pemenang Ballon d'Or Bagi Casillas

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 17 Juli 2012 | 16:20 WIB
Iker Casillas (Getty Images)

Kiper tim nasional Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas, tidak bersedia menyebut siapa yang pantas memenangi Ballon d'Or tahun ini. Tidak satu pun nama besar pesepak bola besar yang terucap dari mulutnya termasuk rekan satu timnya, Cristiano Ronaldo atau dirinya sendiri.

Usai menjurai titel La Liga bersama Los Blancos dan sukses di Euro 2012 dengan timnas Spanyol, Casillas disebut-sebut sebagai calon yang pantas memenangi Ballon d'Or tahun ini. Akan tetapi, nama besar Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tetap tidak bisa begitu saja keluar dari persaingan. Justru CR7 dan Messi tetap kandidat teratas yang paling berpeluang memenangi Ballon d'Or.

"Saya harus menganalisis dengan baik. Ini adalah ajang pemilihan yang sulit karena ada banyak pemain hebat. Saya masih punya banyak waktu untuk berpikir mengenai hal ini karena saya tidak harus memilih hingga Desember 2012," kata Casillas seperti diutip Soccerway.

Sulit memang rasanya Casillas bisa mengalahkan pemain seperti Ronaldo dan Messi dalam persaingan memperebutkan penghargaan bergengsi bagi insan sepak bola itu karena Ballon d'Or lebih identik dengan para pencetak gol. Di lain pihak posisi penjaga gawang butuh sebuah penghargaan besar dari jasa besar mereka dan sekarang dianggap menjadi waktu tepat untuk memberikan itu kepada sosok kiper hebat sekelas Casillas.