Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Target Sir Alex, Rebut Trofi dari Tetangga Sebelah

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 17 Juli 2012 | 17:17 WIB
Sir Alex Ferguson (Clive Mason/Getty Images)

Manchester City bakal menemui jalan terjal untuk mempertahankan gelar juara Premier League yang mereka raih pada 2011/2012.

Pasalnya sang klub tetangga yang juga mendominasi Liga Inggris dalam 20 tahun terakhir, Manchester United, sudah menargetkan bakal merebut titel juara dari tangan City.

"Merebut trofi Premier League akan menjadi hal yang spesial," kata Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, di situs resmi klub.

Apalagi optimisme Sir Alex didukung tradisi dan fakta bahwa Setan Merah selalu berhasil mengkudeta gelar juara Premier League dari tangan klub juara bertahan. Dimana MU selalu berhasil menjadi juara setiap dua musim kompetisi. Akan tetapi, hegemoni MU sempat lepas ketika musim 2004 hingga 2006. Kala itu, Arsenal menjuarai musim kompetisi 2003/2004, dan dilanjutkan oleh Chelsea dua musim berikutnya (2004/2005 dan 2005/2006).

"Jika menengok kembali periode kami terdahulu, anda akan melihat kami dapat bangkit. Ketika Arsenal merebut titel dari kami pada tahun 1998, kami malah berhasil memenangkan treble di tahun berikutnya," tutur Fergie.

"Kemudian, ketika Chelsea berhasil memenangi gelar Premier Legue dua tahun berturut-turut, kami merubah sedikit kebiasaan di pra-musim untuk memastikan kami melaju lebih cepat di awal musim. Perubahan itu membuat kami berhasil meraih gelar kembali," tambahnya.

"Kami berhasil merebut kembali titel Premier League dari juara sebelumnya dalam tiga kesempatan di 14 atau 15 tahun terakhir. Mampu bangkit adalah hal yang sangat penting, dan ini bakal berlaku sama pada musim ini. Tidak ada bedanya. Kami ingin merebut titel Premier League. Itu adalah prioritas No.1," tutur pria berusia 70 tahun ini.