Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sebelum ke Piala AFF, Thailand Tantang Irak

By Frengky Aruan - Selasa, 17 Juli 2012 | 19:29 WIB
(affsuzukicup.com)

22 Desember 2012. Pada 1 September 2012, War Elephants dijadwalkan melakukan partai uji coba melawan juara Piala Asia 2007, Irak. Berdasarkan rencana, partai uji coba dilakukan di Bangkok, Thailand.

Seperti yang dilansir dari situs resmi Piala AFF 2012, affsuzukicup.com, pelatih timnas Thailand, Winfried Schafer, menilai persiapan dengan melakoni laga uji coba melawan Irak, sangat penting. Selain bisa memberi pengalaman, pertandingan uji coba melawan Singa Mesopotamia juga bermanfaat sebagai pemanasan sekaligus mengukur kemampuan tim sebelum berlaga di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2012.

Apa yang diinginkan dari laga uji coba itu sendiri memang sangat berasalan, pasalnya dalam turnamen yang sebelumnya dijuarai Malaysia itu, Thailand punya target besar, yakni meraih gelar juara, setelah sebelumnya gagal lolos dari fase grup di Piala AFF 2010. Target itu pun terasa sangat pas, mengingat Thailand menjadi tuan rumah Grup A, grup yang juga diisi Vietnam, Filipina serta ditambah pemenang babak kualifikasi yang diikuti Kamboja, Timor Leste, Myanmar, Brunei Darusalam, dan Laos.

Namun tak hanya Thailand. Partai uji coba ini nyatanya juga penting bagi Irak sebelum berlaga di babak Kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Jepang, 11 September 2012.