Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Performa Terbaik Messi Baru Nongol Musim 2012/2013

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 17 Juli 2012 | 20:31 WIB
Lionel Messi (Rich Schultz/Getty Images)

Penampilan Lionel Messi sepanjang musim 2011/2012 bersama Barcelona sangat mengagumkan. Beberapa rekor individu berhasil dipecahkan pemain tim nasional Argentina ini. Salah satunya, raihan 73 gol yang dicetaknya di semua ajang kompetisi saat berseragam Blaugrana.

Bila merunut ke belakang maka terdapat segudang gelar yang telah diraih pemain berusia 25 tahun ini, seperti FIFA World Player of the Year, Sepatu Emas Eropa, El pichichi, dan Pemain Terbaik La Liga.

Ruang penyimpanan gelar pribadi Lionel Messi pun tampaknya harus diperluas. Pasalnya, kemampuan terbaik Messi diprediksi baru akan terlihat sejak dimulainya musim 2012/2013.

Hal ini diungkapkan oleh fisioterapis asal Argentina, Fernando Signorini, yang meyakini kemampuan terbaik Lionel Messi baru akan terlihat pada tahun-tahun mendatang.

"Performa Leo akan mencapai puncaknya pada tahun ini, sejak dimulainya musim 2012/2013. Terlepas dari apa yang telah dicapainya, Messi bakal mulai mengukir sejarah. Kemampuan terbaiknya belum ditunjukkan," kata Signorini pada Sport.

"Sampai saat ini, segala kemampuan yang telah ditunjukkannya adalah hasil intuisi dan keinginannya bermain sepak bola. Mulai sekarang Messi tidak hanya bermain berdasarkan naluri, tapi juga unsur persiapan, pengetahuan, dan pengalaman," tambahnya.

"Messi akan memasuki tahap baru dalam permainannya. Tidak mungkin mengukur di mana batas kemampuannya. Apa yang dapat dicapai Messi adalah suatu misteri. Pemain seperti Messi sangat jarang," tutur Fernando Signorini.

Hipotesis ini memang belum teruji. Namun tak perlu meragukan kualitas Signorini. Buktinya fisioterapis ini pernah dipercaya menangani fisik Diego Maradona di Piala Dunia 1986, dan juga bagian dari tim nasional Argentina sejak tahun 2008 hingga 2010.