Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kurang Fit, Nadal Batal Tampil di Olimpiade

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 19 Juli 2012 | 23:29 WIB
Rafael Nadal (Clive Rose/Getty Images)

Juara bertahan tenis putra Olimpiade, Rafael Nadal, secara mengejutkan menarik diri dari London 2012. Petenis asal Spanyol tersebut beralasan kondisinya pada saat ini tidak cukup fit untuk tampil di ajang sebesar Olimpiade.

Nadal yang sedang menjalani pemulihan cedera kaki belum bertanding lagi sejak dikalahkan Lukas Rosol di babak kedua Grand Slam Wimbledon 2012. Petenis yang seharusnya bertugas membawa bendera Spanyol di upacara pembukaan itu merasa tidak cukup bugar untuk mempertahankan medali emas yang diraih di Beijing 2008.

"Saya tidak mampu bertanding di Olimpiade London, sehingga tidak akan berangkat bersama atlet Spanyol lainnya seperti rencana awal. Saya tidak boleh egois dan harus memberikan tempat kepada rekan-rekan yang telah mempersiapkan diri dengan baik," ujar Nadal di situs resmi Federasi Tenis Spanyol (RFET), www.rfet.es.

"Ini menjadi hari yang paling menyedihkan dalam karier saya. Mungkin salah satu momen yang paling istimewa adalah menjadi pembawa bendera Spanyol di upacara pembukaan Olimpiade di London, jadi bisa kalian bayangkan betapa sulitnya membuat keputusan ini," lanjut Nadal.

Presiden RFET, Jose Luis Escanuela, juga mengaku sangat kecewa dengan pengunduran diri Nadal. Meski demikian, ia berharap Nadal bisa cepat pulih dan kembali ke performa terbaik.

"Ini merupakan berita yang sangat buruk. Sangat sulit bagi kami untuk kehilangan Rafa, karena ia selalu menjadi contoh bagi para pemain lain dalam hal ketekunan dan keuletan. Saya berharap ia pulih dengan cepat," pungkas Escanuela.