Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cassano Kena Getahnya

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 20 Juli 2012 | 22:55 WIB
Antonio Cassano (Getty Images)

Bomber AC Milan, Antonio Cassano, akhirnya kena getahnya. Akibat komentarnya soal kaum gay, ia didenda UEFA 15 ribu euro atau sekitar 173 juta rupiah.

Komentar mengenai kaum gay itu dilontarkan Cassano pada sebuah konferensi pers saat Euro 2012 lalu. Ketika itu Cassano mengutarakan penyataan yang dianggap merendahkan kaum gay. Ia menyatakan bahwa tidak ada yang memiliki preverensi seksual sesama jenis tersebut di tim nasional Italia.

"Menyusul proses disipliner terhadap Antonio Cassano untuk pernyataan diskriminasi di konfrensi pers saat Euro 2012, Badan Kontrol dan Disipliner UEFA memutuskan untuk menghukum sang pemain dengan denda 15 ribu euro," tulis pengumuman resmi UEFA.

"Banding atas kasus ini bisa diajukan pemain dalam batas waktu tiga hari setelah pengumuman," pungkas pernyataan resmi UEFA tersebut.

Cassano sendiri telah menyampaikan permintaan maafnya atas pernyataannya tersebut. Ketika itu mantan bomber Sampdoria tersebut berujar "Saya bukan orang yang phobia terhadap homo. Saya tak ingin menyinggung siapa pun dan saya tak ingin mengganggu kebebasan seksual orang lain."