Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sempat Dihadang Masalah Rio Haryanto Finis Ke-17

By Andi Yanianto - Sabtu, 21 Juli 2012 | 21:25 WIB
Masalah pada mobil Max Chilton, Rio Haryanto terpaksa menunggu. (Andi Yanianto/Bolanews)

17.

Laporan langsung Andi Yanianto dari Hockenheim, Jerman.

Start tetap pada posisi hasil kualifikasi, grid 19, Rio punya potensi memperbaiki posisi ketika trek Hockenheim makin mengering. Lomba diumumkan basah oleh pengawas lomba karena sebelumnya memang turun hujan cukup deras. Sayangnya, tim Marussia Carlin menerapkan strategi memanggil Chilton dan Rio masuk pit bersamaan saat pitstop window di lap 6. Akibatnya Rio harus menunggu Chilton selesai pitstop. Sial, saat momen krusial seperti itu, Chilton justru tidak mulus melakukan pitstop sehingga berakibat Rio kehilangan banyak waktu di pit dan kehilangan lima posisi saat kembali bergabung.

Tampil tenang, berikutnya Rio justru mampu terus memperbaiki posisi. Gabungan hukuman drive through pada beberapa pesaingnya karena berbagai sebab, masalah yang menimpa pebalap di depannya, dan skill yang dimiliki saat melakukan overtaking, Rio akhirnya mampu finis di posisi ke-17.

Sebelum lomba, Rio sempat mengungkapkan masalah traksi pada mobilnya yang menjadi masalah utama sejak sesi latihan Jumat dan kualifikasi. Hingga jelang lomba, masalah ini belum bisa dipecahkan oleh tim.

"Tapi saat lomba, tim sebetulnya sudah bisa mengatasi masalah traksi yang terjadi pada sesi latihan dan kualifikasi. Masalah saat pit itu yang membuat saya hanya bisa finis ke-17.

Keluar sebagai pemenang Feature Race GP2 Hockenheim adalah Johnny Cecotto, pebalap tim Ocean Racing Technology. Di Sprint Race yang digelar Ahad (22/7), Rio akan start dari grid 17.